Cara Mengubah Lebar Margin PDF Tanpa Convert ke Word

Saya cukup sering mendapat ebook PDF yang margin kanan kirinya terlalu sempit (tapi belum pernah yang marginnya terlalu lebar). Untuk mengatasinya, biasanya saya download versi epub atau mobi untuk ebook tersebut, tapi kadang ada saja ebook yang disediakan hanya dalam format PDF sehingga terpaksa harus mengubah marginnya secara manual.

Untuk file PDF yang memiliki size tidak begitu besar, saya lebih memilih aplikasi online karena lebih praktis. Untuk ebook yang isinya sampai ratusan halaman, pilihannya antara memakai Foxit PDF Reader, PDFill atau Briss.

Simak cara menggunakan keempat aplikasi tersebut untuk mengatur margin halaman PDF di bawah ini.


Merubah Margin PDF Secara Offline


Foxit PDF Reader

Catatan penting: Hati-hati saat install Foxit. Ada bundleware. Saat pertama kali install, tidak ada tombol Decline atau Reject untuk menolak bundleware tersebut sehingga saya membatalkan instalasinya. Setelah itu saya coba install lagi, barulah tombol Decline itu muncul.

Yang belum punya Foxit PDF Reader, download dari halaman webnya atau dari Filepuma.

Buka PDF yang ingin marginnya diedit di Foxit, lalu cari menu Print, atau tekan Ctrl + P.


Pada kolom nama printer, pastikan yang terpilih adalah Foxit Reader PDF Printer. Kalau kamu menggunakan Windows 10, sebagai alternatifnya bisa menggunakan printer PDF bawaannya (Microsoft Print to PDF).

Selanjutnya atur bagian Custom scale. Makin kecil scale, makin lebar marginnya. Klik OK dan tunggu sampai selesai.


PDFill

PDFill bisa diunduh langsung dari sini atau melalui website resminya

Untuk memperlebar margin, jalankan PDFill lalu klik menu "Reformat Multiple Pages". Kemudian, pilih PDF yang ingin dirubah marginnya.

Setelah memilih PDF, menu pengaturannya akan muncul. Disini kamu bisa menentukan lebar margin untuk setiap sisi halaman secara individu dengan menggunakan satuan inci.



Pada menu Original PDF Page Layout, ubah Rows dari 2 menjadi 1.

Terakhir, tekan tombol Save As dan simpan sebagai file baru dengan nama yang berbeda.

Kekurangan PDFill yang paling mencolok, tidak ada jendela preview untuk melihat hasil perubahan secara real-time. Kekurangan lainnya yang lumayan mengganggu, PDFill selalu menampilkan pesan untuk upgrade ke versi Pro setiap kali hendak ditutup. Dan, setelah ditutup pun PDFill akan membuka halaman websitenya secara paksa di browser.


Briss

Briss adalah aplikasi yang dibuat khusus untuk memotong margin PDF. Kelebihannya jika dibandingkan dengan PDFill, Briss memiliki fitur preview. Kekurangannya, kamu harus install Java dulu untuk bisa menggunakannya.

Cara menggunakannya:

Setelah PDF dibuka di dalam Briss, tampilan preview akan muncul. Yang kiri untuk halaman nomor ganjil, yang kanan untuk halaman genap.

tampilan briss

Untuk memotong margin, kamu hanya perlu menggeret kotak kecil di kiri atas dan kanan bawah pada area berwarna ungu di dalam jendela preview tersebut.

Pastikan area ungu itu menutupi semua teks di dalam PDF supaya tidak ada kalimat yang terpotong.

Selanjutnya klik menu Action pada bilah menu di bagian atas, lalu pilih Crop PDF.


Menambah dan Mengurangi Margin Secara Online di Sejda


Ketika saya coba, proses pengeditan margin di situs Sejda cukup cepat untuk PDF yang memuat 177 halaman murni teks.

Untuk memperlebar margin, upload PDF ke sini: https://www.sejda.com/id/resize-pdf

Untuk mempersempit/memotong margin, upload PDF ke sini: https://www.sejda.com/id/crop-pdf

Disini saya ulas alur penambahan marginnya saja.

Setelah PDF diupload, ada 2 pilihan yang tampil: untuk menambah margin dan padding atau untuk mengubah ukuran halaman (resize). Klik pilihan yang sesuai.

Setelah memilih untuk menambah margin, seluruh halaman file PDF yang diupload akan ditampilkan secara serentak.


Selanjutnya, jika ingin menambah margin untuk beberapa halaman saja, klik halaman-halaman yang diinginkan. Jika ingin menambah margin untuk semua halaman sekaligus, jangan klik halaman yang manapun.

Berikutnya kamu bisa menentukan ukuran margin melalui kolom-kolom yang tersedia. Ukuran yang dipakai adalah inci. Setelah itu klik tombol "Ubah ukuran PDF", lalu tunggu sampai muncul tombol download untuk mengunduh PDF hasil perubahan.

Demikianlah cara merubah margin PDF secara online dan offline tanpa harus convert ke Word. Solusi lain yang bisa dicoba adalah PDF Annotator. Tidak gratis dan belum pernah saya coba, tapi dari screenshot yang ditampilkan di website pembuatnya, sepertinya cukup praktis karena ada pilihan untuk langsung mengubah lebar margin disertai dengan jendela preview.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar