Cara Mengetahui/Menghapus Aplikasi Yang Terhubung dengan Akun Google

Januari 2019 - Google autentikasi memudahkan user untuk mendaftar ke berbagai layanan online. Tidak perlu capek-capek isi form dan bikin password, kita hanya perlu beberapa kali klik untuk membuat akun baru di layanan-layanan tersebut. Semua layanan atau aplikasi yang terhubung dengan akun Google kemudian dikelompokkan menjadi satu sehingga user bisa meninjau ulang dengan mudah. Selain meninjau, kita juga bisa menghapus layanan atau aplikasi yang manapun juga. Siapa tau saja setelah mengecek daftar aplikasi ternyata ada yang entah darimana terhubung dengan akun Google.

Meskipun keamanan Google sangat kuat, mungkin saja kita teledor sehingga mengakibatkan adanya aplikasi yang berhasil menyusup ke dalam akun untuk mencuri data atau meretas akun. Karena itulah dianjurkan untuk meninjau keamanan akun Google secara periodik, termasuk meninjau daftar aplikasi yang terhubung dengan akun Google.

Cara Melihat Aplikasi dan Situs Yang Terhubung dengan Akun Google

Untuk yang menggunakan bahasa Inggris, lihat istilahnya di dalam tanda kurung.

1. Login ke akun Google melalui Gmail, YouTube, Google.com atau layanan Google lainnya.

2. Klik icon profil yang terletak di kanan atas, lalu klik Akun Google (Google Account).

akun google

3. Halaman akun Google terbagi menjadi dua panel. Pada panel sebelah kiri, klik menu Keamanan (Security).



4. Setelah menu Keamanan terbuka, gulung panel kanan ke bawah sampai menemukan menu Login dengan Google+ (Signing in with Google). Klik pada menu login tersebut untuk melihat daftar aplikasi yang terhubung dengan akun Google.

5. Di menu login itulah kita bisa melihat seluruh website/layanan dan aplikasi yang terhubung dengan akun Google.




Untuk Menghapus

5. Untuk menghapus aplikasi yang terhubung dengan akun Google, setelah menu Login dengan Google+ (Signing in with Google) terbuka dan daftar aplikasi muncul, klik pada nama aplikasi yang ingin dihapus.

6. Klik tombol HAPUS AKSES (REMOVE ACCESS). Selanjutnya akan muncul jendela konfirmasi, klik OKE.



Tunggu beberapa saat sampai aplikasi tersebut dihapus.

Setelah dihapus, akses ke aplikasi tersebut hilang, namun demikian kita tetap bisa menggunakannya kembali dengan mendaftar ulang di situs/website terkait.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar