Aplikasi Pemotong Video WMV AVI untuk Windows

Dengan size hanya sekitar 2 MB, aplikasi ini cukup bisa diandalkan untuk memotong video WMV dan AVI tanpa re-encoding di PC dan laptop. Yang dimaksud dengan 'memotong' disini adalah membuang bagian-bagian yang tidak diperlukan dari sebuah video ATAU memotong adegan dalam sebuah video untuk disimpan sebagai file tersendiri.

Tampilan antarmukanya ringkas. Loading-nya juga sangat cepat, jauh lebih cepat daripada Avidemux maupun LosslessCut.

Nama aplikasi tersebut adalah Machete Lite.

Machete Lite merupakan versi gratisan yang hanya mendukung AVI dan WMV. Sedangkan versi berbayarnya mendukung AVI, FLV, WMV, 3GP, 3G2, MKV, MP4, MOV, WMA, MP3, dan WAV.

Machete Lite juga bisa dipakai untuk menggabungkan video, dengan syarat semua video yang digabungkan harus memiliki properti yang sama persis (format file, ukuran frame, codec, jumlah channel dan lainnya).


Machete Lite bisa dijalankan di PC dan laptop yang menggunakan Windows XP / Vista / 7 / 8 / 10.

Download langsung dari sini atau kunjungi website resminya

Saat artikel ini diterbitkan, Machete Lite sudah menginjak versi 5.0.

Aplikasi lain yang bisa dicoba yaitu Moo0 Video Cutter 1.10. Yang ini sepenuhnya gratis. Ukuran filenya jauh lebih besar (sekitar 22 MB) tapi mendukung lebih banyak format seperti AVI, FLV, M4V, MKV, MOV, MP4, MPG, OGG, OGV, TP, TS, WEBM, WMV dan lainnya.

Catatan: Moo0 Video Cutter hanya bisa digunakan untuk menyimpan potongan-potongan video, tidak bisa dipakai untuk menghapus bagian-bagian video yang tidak diinginkan.

Disarankan untuk mematikan koneksi internet terlebih dulu sebelum instal Moo0 untuk mencegah tawaran-tawaran bundleware. Kalau tidak ingin mematikan, klik tombol Decline di jendela instalasi jika muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:



Dari 2x percobaan yang saya lakukan dengan kedua aplikasi di atas, video WMV hasil pemotongan Machete Lite bisa diputar dengan baik di Media Player Classic dan Windows Media Player, sedangkan video WMV hasil pemotongan Moo0 hanya bisa diputar dengan baik di PotPlayer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar