Cara Memotong Video Beserta Subtitle Tanpa Mengurangi Kualitas

Aplikasi pemotong video biasanya tidak menyertakan subtitle di dalam video yang dipotong. Akibatnya, jika subtitle-nya benar-benar dibutuhkan, pengguna terpaksa harus mengedit dan menambahkan subtitle secara manual ke dalam video hasil pemotongan.

Daripada repot-repot seperti itu, coba gunakan LosslessCut. Berbeda halnya dengan Avidemux yang sudah dibahas sebelumnya, LosslessCut memotong video lengkap dengan subtitle-nya.

Sekalipun bagian video yang dipotong terletak di tengah, LosslessCut tetap menyertakan subtitle di dalam video hasil pemotongan. Subtitle yang disertakan tentunya adalah subtitle yang sesuai dengan bagian video yang dipotong.

Sesuai dengan namanya, LosslessCut memotong video secara lossless sehingga mampu menghasilkan video yang kualitasnya tidak berubah. Selain itu, kecepatannya lebih baik daripada sebagian besar aplikasi sejenis lainnya karena tidak menerapkan decoding/encoding.

LosslessCut merupakan aplikasi Open Source yang mendukung Windows, Mac dan Linux. Detail aplikasi tersebut bisa dilihat di bawah ini.

LosslessCut 1.6.0
Support: Windows, Mac, Linux
Supported formats/codecs: MP4, MOV, WebM, MKV, OGG, WAV, MP3, AAC, H264, Theora, VP8, VP9, more
Size: 82.9 MB

Download link:
# GitHub (Windows, Mac, Linux)
# Majorgeeks (Windows only)


Langkah-Langkah Pemotongan Video dengan LosslessCut


CATATAN: Dari hasil percobaan, LosslessCut hanya bisa memproses soft subtitle yang sudah dimasukkan ke dalam video (internal). Subtitle eksternal (biasanya dalam format .srt) tidak akan diikutkan di dalam video-hasil-pemotongan.

Kalau untuk hard subtitle? Hard subtitle adalah subtitle yang menyatu dengan video secara permanen sehingga otomatis juga akan ikut terpotong, berbeda dengan soft subtitle yang tidak lebih dari sebuah file lampiran.

1. Jalankan LosslessCut, lalu drag and drop video ke dalam aplikasi tersebut.
  • Video juga bisa dibuka melalui menu File > Open atau tekan Ctrl + O


2. Klik pada time bar/seeking bar untuk menuju ke bagian video yang diinginkan. Sebagai bantuan, gunakan tombol panah pada keyboard untuk bergerak antar frame (1 detik) atau tombol koma dan titik (1/60 detik).


3. Tekan tombol < untuk menandai bagian awal pemotongan dan tombol > untuk menandai bagian akhir pemotongan.

4. Tekan tombol gunting untuk memulai pemotongan.


Hasil pemotongan disimpan di dalam folder video sumber/original dengan akhiran nama berupa format video dan informasi waktu pemotongan

Contoh penamaannya seperti ini:

Three Queens.mkv
Three Queens.mkv-00.30.59.833-00.31.46.072.mkv

Untuk menyimpan hasil pemotongan di folder lain, klik tombol OUT PATH yang posisinya terletak paling bawah.

Daftar shortcut LosslessCut:

L = mempercepat video
J = memperlambat video
I = titik awal potong
O = titik akhir potong
E = potong/simpan video
C = ambil screenshot
H = tampilkan daftar shortcut
K atau spasi = play/pause
tanda panah kiri/kanan = loncat antar frame (1 detik)
koma/titik = loncat antar frame (1/60 detik)

Jika video/film yang hendak dipotong tidak memiliki subtitle, atau jika subtitle tidak dibutuhkan, atau kebetulan filmnya memuat hard subtitle, cobalah gunakan Avidemux. Loading filenya memang tidak se-instant LosslessCut, tapi seleksi frame-nya jauh lebih nyaman.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar