Login Otomatis ke Berbagai Akun Dengan Membuat Profil di Google Chrome

Sudah lumrah rasanya punya beberapa akun di satu website. Misalnya 7 akun di Gmail, 10 akun di Facebook, 10 akun di Twitter, 2 akun di Instagram, dan mungkin akun-akun lainnya.

Tentu alasannya macam-macam membuat akun online segitu banyaknya. Ada yang untuk personal, untuk kerja, untuk keperluan sekolah, untuk mendapatkan tambahan kapasitas di file hosting secara gratis, online shop, buat nyamar di media sosial, dan lain-lain.

Pasti repot punya akun banyak. Hampir setiap hari harus login dan logout. Disinilah terasa pentingnya peranan profil di Google Chrome. Dengan membuat profil untuk setiap akun, kita tidak lagi perlu login/logout berulang-kali.

Fungsi profil sama halnya seperti fungsi user di Windows. Setiap profil punya settingannya sendiri-sendiri.

Setiap profil yang dijalankan terbuka di jendela terpisah. Pengguna bisa menggunakan profil manapun ketika browsing dan bahkan bisa membuka beberapa jendela profil sekaligus untuk membuka beberapa akun online dalam waktu yang bersamaan.

Kumpulan profil di Google Chrome agar tidak repot-repot login dan logout di berbagai akun online

Agar lebih mudah dipahami, coba ikuti saja panduan berikut ini.

Langkah-Langkah Membuat Profil untuk Login Otomatis ke Akun Berbeda

1. Jalankan Google Chrome, lalu login ke akun Google.

2. Setelah login, lihat bagian atas browser, tepatnya di area tab. Di sebelah kanan ada icon profil yang dilambangkan dengan gambar user. Klik icon tersebut untuk memuat menu profil. Selanjutnya, klik Manage People di dalam menu profil tersebut.

3. Jendela yang muncul nantinya akan seperti di bawah ini, yang isinya memuat setiap profil yang ada di dalam browser. Untuk menambah profil baru, klik ADD PERSON.

4. Beri nama pada profil (misalnya Ananda), pilih gambar yang akan dijadikan avatar profil tersebut, lalu klik ADD.

5. Berikutnya sebuah jendela baru akan muncul. Nah, itulah jendela profil "Ananda" yang bisa dipakai untuk login ke akun lain. Sampai pada tahap ini, ada 2 jendela browser yang kini terbuka. Yang pertama adalah jendela browser yang sebelumnya, sedangkan satunya adalah jendela browser baru untuk profil Ananda.

6. Coba login ke akun Google yang lain di jendela "Ananda" tersebut. Setelah login, tutup jendela. Ingat, jangan logout, ya.

7. Setelah jendela profil "Ananda" tertutup, sekarang kita akan membukanya kembali dan kemudian langsung mengakses akun Google yang tadi. Caranya, di jendela satunya yang masih terbuka, klik pada icon profil, lalu klik pada nama Ananda.

7. Setelah jendela Ananda muncul lagi, buka akun Google yang tadi. Seperti yang bisa kamu lihat, disini kita tidak perlu login ulang untuk masuk ke akun Google tersebut. Dengan demikian sekarang ada 2 jendela browser yang terbuka dengan 2 akun Google yang berbeda.

Selain dari dalam jendela browser, profil juga bisa dibuka langsung dari desktop. Shortcut untuk profil secara otomatis dipasang di desktop oleh Google Chrome.

Cara lain yang bisa dipakai adalah menggunakan ekstensi seperti SessionBox. Ekstensi tersebut memungkinkan pengguna untuk login otomatis ke beberapa akun langsung di dalam satu jendela browser.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar