Cara Mengintegrasikan Free Download Manager (FDM) (Google Chrome, Firefox)

Free Download Manager (FDM) sudah lama dikenal sebagai salah satu alternatif populer untuk menggantikan Internet Download Manager (IDM). Gratis tapi fiturnya tidak kalah dahsyat. Hampir semua fitur IDM bisa ditemui di FDM, termasuk kemampuan untuk mengunduh video online (meskipun caranya agak berbeda).

Untuk mengintegrasikan FDM dengan browser, ekstensi FDM wajib didownload dan diinstall. Langkah-langkahnya bisa diikuti seperti yang diuraikan di bawah.


Mengintegrasikan Free Download Manager dengan Google Chrome

Cara dibawah ini sudah diterapkan pada Google Chrome versi 65

Download Free Download Manager dari sini. Tersedia download untuk 32-bit dan 64-bit Windows. Pilih yang sesuai. Kalau bingung pilih yang mana, download saja yang versi 32-bit.

Kemudian, install FDM sesuai dengan petunjuk yang tertera pada jendela instalasi

Setelah instalasi selesai, muncul jendela pop-up yang isinya menanyakan apakah pengguna ingin FDM menangkap download dari google chrome, klik Yes.

Selanjutnya muncul pesan yang memberitahu kalau Chrome Monitoring berhasil diaktifkan sekaligus mengingatkan pengguna untuk menginstall ekstensi FDM. Klik OK.

Begitu tombol OK diklik pada jendela pesan di atas, halaman ekstensi FDM di Google Chrome akan terbuka secara otomatis. Ekstensi tersebut harus diinstall agar FDM bisa terintegrasi dengan Google Chrome. Klik Add to Chrome atau Tambah ke Chrome untuk memulai instalasi.

Klik Add extension atau Tambah Ekstensi apabila muncul jendela notifikasi seperti berikut ini. Selanjutnya akan muncul pesan yang memberitahu bahwa ekstensi tersebut sudah terinstall.

Setelah ekstensi FDM diinstal, FDM akan terintegrasi dengan Google Chrome tanpa perlu restart browser dan tanpa harus utak-atik konfigurasi DFM. Kalau kamu mencoba download ulang FDM melalui link di atas, nantinya proses download akan diambil alih oleh FDM secara otomatis yang ditandai dengan munculnya jendela FDM.

Tahukah kamu kalau Google Chrome bisa direstart hanya dalam sekali klik tanpa install ekstensi apapun?


Menyatukan FDM dengan Mozilla Firefox

Cara berikut ini sudah diterapkan pada Firefox 59.0.1

Buka jendela FDM, klik menu FDM yang diwakili oleh tiga garis horizontal di pojok kanan atas, lalu klik Settings.

Di dalam jendela Settings, klik menu Browser Integration yang letaknya di sebelah kiri. Selanjutnya, klik opsi Firefox untuk mencentanginya, lalu klik extension.

Sampai pada tahap ini jendela Firefox seharusnya sudah terbuka dengan notifikasi FDM seperti yang bisa dilihat pada screenshot di bawah. Klik Add, lalu OK. Selesai.

Catatan: Sama halnya seperti IDM dan downloader lainnya, tidak semua link bisa dideteksi. Terkadang ada link yang lolos dari monitoring sehingga proses downloadnya kembali ditangani oleh browser.

Jangan lupa untuk selalu memperbarui versi FDM setiap kali update dirilis. Tujuannya agar integrasi FDM dengan browser selalu lancar tanpa masalah apapun.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar