Cara Multi Login di Website Apapun

Punya 2 akun di satu website masih mudah diatasi, tapi setelah membuat banyak akun, baru terasa repotnya. Misalnya, 5 akun Gmail, 3 akun Facebook, 2 akun Dropbox, 7 akun Twitter. Kalau pakai cara manual, harus login satu-persatu. Sekalipun menggunakan bantuan password manager seperti LastPass yang bisa mempermudah login, masih tetap bisa bikin jari keriting karena harus buka-tutup akun berkali-kali.

Untuk mengatasinya, kemarin saya sudah membahas 3 Cara Membuka 2 Akun Facebook dalam Satu Browser yang juga bisa digunakan untuk multi-login ke website-website lainnya (Dropbox, Twitter, Linkedin, dll). Dengan multi-login, akun bisa langsung dibuka tanpa memasukkan user name dan password. Selain itu, beberapa akun yang berbeda dalam satu website juga bisa dibuka dalam waktu yang bersamaan tanpa harus membuka browser lain.

Dalam artikel tersebut diulas khusus mengenai bagaimana cara multi-login dengan membuat profil browser dan sempat menyinggung sedikit perihal ekstensi. Kali ini giliran ekstensi tersebut yang akan dikupas habis.

Multi Login di Google Chrome


1. Install ekstensi SessionBox dari Chrome webstore.



2. Tunggu instalasi sampai selesai yang ditandai dengan munculnya icon SessionBox di toolbar. Jika ada jendela pop-up yang muncul seperti di bawah ini, tutup saja langsung.


3. Klik icon SessionBox, lalu klik tombol "CREATE ACCOUNT" untuk membuat akun baru di SessionBox.


4. Isi kolom Email, Password dan Password Again, lalu klik tombol "CREATE ACCOUNT".


5. Tunggu sampai pembuatan akun selesai yang ditandai dengan munculnya sambutan seperti gambar di bawah ini. Klik tombol X disamping "What's new".


5. Buka tab baru, lalu kunjungi website Facebook atau lainnya.

6. Setelah Facebook terbuka, klik icon SessionBox, lalu klik tanda plus pada kolom Facebook.


7. Tab baru akan muncul secara otomatis yang didalamnya memuat website Facebook. Tunggu sebentar sampai muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini, lalu beri nama pada kolom yang disediakan. Beri nama yang memudahkan identifikasi, lalu klik OK.


8. Login ke Facebook seperti biasanya.

9. Lakukan langkah nomor 3 - 8 untuk akun Facebook lain atau akun website lain. Kedepannya jika ingin membuka akun cukup dengan mengklik icon SessionBox, lalu memilih akun dari daftar sesi yang sudah disimpan melalui langkah-langkah di atas. Cukup sekali klik untuk membuka akun, tidak perlu login lagi.


Untuk menggunakan SessionBox sebenarnya tidak perlu membuat akun. Seperti yang bisa dilihat pada gambar langkah nomor 3, kita bisa sign in sebagai guest, tapi pilihan ini memiliki keterbatasan fitur. Salah satunya adalah tidak adanya fitur sinkronisasi. Jadi kalau semisal suatu saat browser bermasalah sehingga perlu diinstall ulang, kita harus kembali menyusun semua akun dari awal. Itu baru satu kerugian. Yang punya lebih dari satu komputer seperti PC dan laptop juga pastinya memerlukan fitur sinkronisasi agar tidak perlu capek-capek menyetting akun di SessionBox pada setiap komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar