Memulihkan Fitur Minimize to Tray di Evernote

Dulunya Evernote pasti lari ke tray Windows ketika jendela utamanya ditutup, tapi setelah saya utak-atik settingannya fungsi tersebut mendadak seperti lenyap. Ketika tombol close diklik atau menekan Alt + F4, icon Evernote yang ada di tray justru menghilang.

Setelah capek dan bosan ngubek-ngubek settingannya, akhirnya membuka forum Evernote buat mencari solusinya. Ada yang menyarankan untuk reinstall tapi sayangnya pas lagi males. Pikir saya, masa gini saja harus pake reinstall?

Beberapa lama kemudian, ada salah satu solusi yang menarik perhatian, yaitu mengaktifkan fitur background sync. Fitur tersebut memang saya matikan sebelumnya bersamaan dengan fitur auto sync lainnya.

Setelah diaktifkan kembali, ternyata masalahnya teratasi saat itu juga.

Buat yang memakai Evernote di Windows dan kebetulan mengalami kasus yang sama, coba saja solusi di atas. Kalau tidak bisa ya mungkin memang harus reinstall. Jangan lupa backup dulu sebelum reinstall, terutama buat yang memakai Local Notebook.

Ada juga solusi lainnya yang terpikirkan ketika saya ingat dengan salah satu aplikasi favorit, RBTray. Dengan bantuan aplikasi super mini tersebut, Evernote bisa disembunyikan ke tray dengan cara menekan tombol minimize. Biarpun begitu saya lebih memilih metode di atas yang memanfaatkan fitur bawaan Evernote. RBTray sudah bertahun-tahun tidak di-develop sejak 2011. Sekarang memang masih bisa berjalan relatif baik tapi siapa yang bisa menjamin kalau aplikasinya masih tetap akan berfungsi di Windows update selanjutnya?

Artikel ini diterbitkan pada bulan April 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar