Cara Backup Mozilla Firefox Secara Online

Selain copy-paste secara offline, data Firefox juga bisa di-backup dengan menggunakan fitur Sync yang sudah ada di dalam browser tersebut.

Dengan mengaktifkan Sync, data Firefox akan terus-menerus dimonitor dan setiap perubahan akan disimpan secara online tanpa campur tangan pengguna. Seluruh proses backup berjalan secara otomatis.

Cara Mengaktifkan Fitur Sync di Firefox


1. Ketik about:preferences#sync di address bar, lalu tekan Enter. Selanjutnya, klik Create Account (Buat Akun) untuk membuat akun Firefox seperti gambar di bawah ini.


2. Isikan email, password dan usia pada kolom yang ditentukan, lalu klik Create Account.


3. Pilih apa saja yang hendak di-backup/sync. Kemudian, klik tombol Save Settings.


4. Verifikasi email yang baru saja dipakai untuk membuat akun Firefox.
  • Buka akun email dan carilah email yang berasal dari Firefox. Di dalam email tersebut tersedia link yang berupa tombol untuk melakukan verifikasi. Klik Verify email -->.
  • Setelah verifikasi, proses backup akan langsung berjalan.

Sebagai catatan, berhati-hatilah dalam menggunakan fitur Sync.

Sampai saat ini masih belum ada informasi resmi yang mendetail mengenai cara kerja Sync di Firefox. Yang ada hanyalah spekulasi bahwa Sync bekerja secara dua arah dan memperbarui data sesuai dengan perubahan terakhir.

Berdasarkan cara kerja yang demikian, jika data Firefox mengalami error di laptop saat browser sedang digunakan, data yang error itulah yang kemudian akan di-sync ke server, yang kemudian akan menindih/menghapus data Firefox sebelumnya yang tersimpan di server tersebut.

Karena itulah disarankan untuk tidak mengandalkan fitur Sync sebagai sarana backup. Praktik yang terbaik adalah mengaktifkan Sync dan memiliki data backup yang terpisah.

Offline backup bisa dilakukan secara manual (copy paste folder profil) atau secara otomatis (dengan bantuan ekstensi seperti FEBE).

Online backup bisa ditempuh dengan menggunakan layanan cloud storage. Carilah cloud storage yang arah sinkronisasinya bisa diatur oleh pengguna.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar