Perbedaan Soft Subtitle dan Hard Subtitle

Hard subtitle adalah subtitle yang tidak bisa dipisahkan dari video. Dengan kata lain, hard subtitle menyatu dengan video frame secara permanen. Karena menyatu dengan frame, hard subtitle tidak bisa disembunyikan/dimatikan. Subtitle akan selalu tampil ketika video dimainkan. Posisi dan tampilannya juga tidak bisa dirubah. Singkat kata, hard subtitle tidak bisa diutak-atik.

Kalau ada yang memaksa menambahkan subtitle lain ke dalam video, maka kedua subtitle akan saling tumpang tindih.

Di sisi lain...

Soft subtitle adalah subtitle yang dilampirkan pada video baik secara internal maupun eksternal. Bisa juga didefinisikan sebagai subtitle yang bisa dipisahkan dari video.

Apabila hard subtitle diibaratkan seperti tangan yang menyatu dengan badan, perumpamaan soft subtitle adalah seperti sarung tangan yang bisa dilepas kapan pun juga.

Soft subtitle dapat disembunyikan, diganti, dihapus, dimodifikasi, dan diposisikan sesuai selera. Benar-benar berbeda dengan hard subtitle, dan perbedaannya tidak hanya sampai di situ saja.

Soft subtitle terbagi menjadi dua: internal dan eksternal.

Internal soft subtitle (ada juga yang menyebutnya dengan istilah embedded subtitle) adalah subtitle yang dimasukkan ke dalam video. Kalau kita membuka sebuah video yang berisi soft subtitle dengan aplikasi tertentu seperti mkvtoolnik, kita akan bisa melihat keberadaan file subtitle tersebut didalamnya.

External soft subtitle (atau external subtitle) adalah subtitle yang file-nya berada di luar video. Pengguna biasanya mengunduh subtitle tersebut secara terpisah dan kemudian diletakkan di dalam satu folder bersama dengan video.

Ada tidak, cara yang paling mudah untuk membedakan soft subtitle dan hard subtitle?

Pada dasarnya, kalau subtitle bisa disembunyikan, berarti subtitle tersebut adalah soft subtitle. Sebaliknya, jika tidak bisa disembunyikan, berarti subtitle tersebut adalah hard subtitle.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar