Hemat Kuota Internet di Laptop & PC Dengan Mobile Browsing

Bagi yang koneksi internetnya menggunakan kuota data yang terbatas, tentunya perlu melakukan sesuatu untuk menghemat kuota internet agar tidak cepat habis. Nah, buat para pengguna laptop dan PC, ada satu cara yang relatif sangat mudah untuk ini.

Yaitu dengan cara membuat setiap website yang kita kunjungi menampilkan versi mobile-nya.

Sebagai contoh, coba lihat dua gambar situs di bawah ini. Yang pertama ditampilkan dalam versi desktop, yang kedua ditampilkan dalam versi mobile.

kaskus versi desktop

kaskus versi mobile

Seperti yang kamu lihat di atas, tampilan-mobile situs tersebut terlihat lebih simpel. Karena layoutnya yang sederhana inilah maka kuota data yang dibutuhkan untuk menampilkannya bisa lebih kecil daripada kuota yang dibutuhkan untuk menampilkan situs tersebut dalam versi desktopnya (versi utuh).

Berapa besar penghematannya? Tergantung dari website yang dibuka. Contohnya, untuk halaman depan forum Kaskus, versi mobile-nya berbobot sekitar 1.3 MB, versi desktop-nya 1.6 MB (diambil dari hasil analisa tools.pingdom.com pada Juli 2018).

Lalu bagaimana caranya agar setiap situs yang kamu buka selalu menampilkan versi mobile-nya?


UNTUK GOOGLE CHROME

Tanpa ekstensi:

Buka tab baru, klik-kanan pada halaman dan pilih Inspect untuk membuka jendela developer tools. Setelah terbuka, tekan Ctrl + Shift + M. Lalu buka website yang memiliki tampilan mobile seperti Kaskus, Google, Twitter, dll.

Kekurangan metode ini: Jendela developer tool harus dibuka pada setiap tab yang hendak dipakai membuka situs mobile, jadinya ya menuh-menuhin memori. Kalau mau membuka beberapa situs mobile mending pakai ekstensi saja seperti di bawah.


Dengan ekstensi:
  1. Download dan install "User-Agent Switcher for Chrome" dari sini.
  2. Ikon addon akan langsung muncul di toolbar Chrome setelah selesai diinstal.

    user agent switcher

  3. Klik ikon untuk menampilkan daftar user agent.
  4. Klik "Android" lalu pilih "Android KitKat" (bisa juga memilih iOS atau Windows Phone).
  5. Halaman yang sedang terbuka akan di-reload secara otomatis untuk menampilkan versi mobile-nya.
Catatan: Kedua metode di atas tidak akan selalu bekerja seperti yang diharapkan karena mungkin saja situs yang kamu kunjungi memang tidak memiliki/mendukung tampilan versi mobile.

Cara lain: Hemat Kuota Internet dengan Mode Offline

Simak juga bagaimana cache dapat menghemat kuota: Apa Itu Browser Cache? Perlukah Browser Cache Dihapus?

Masih banyak lagi cara lainnya agar kuota internet tidak cepat habis. Kalau mobile browsing ini dikombinasikan dengan cara-cara lainnya, kamu akan bisa menghemat kuota internet jauh lebih banyak lagi.

4 komentar:

  1. berguna banget, tapi masih kalah hemat dari opera mini....

    hehehehe....

    BalasHapus
  2. iya nih saya juga masih hemat pakai opera , tapi thanks juga ya sudah berbagi .. kunbal juga www.koemboeng.blogspot.co.id

    BalasHapus
  3. thank you bro infonya, usefull bgt

    BalasHapus