Hasil Pratinjau Pos Blogspot Tidak Sesuai/Sama Dengan Aslinya

Saya cukup kaget ketika melihat sebagian layout postingan (artikel) saya yang berjudul "Paket Indosat Super Internet 11GB, 13GB VS 3GB Tanpa Syarat, Pilih Mana" agak kacau balau.

Misalnya, di bagian bawah gambar, hampir seluruh paragraf menyatu. Padahal jelas-jelas sudah saya beri ruang diantaranya.

Memperbaiki kesalahan tersebut sebenarnya sepele, sangat sepele.

Saking sepelenya saya sampai dibuat keki begitu mengetahui dimana letak kesalahannya.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang sempat saya lakukan untuk berusaha memperbaiki kesalahan tersebut:
  • Memastikan pilihan 'Tekan "Enter" untuk baris baru' sudah tercentang dan aktif.
  • Beralih dari mode HTML ke mode Compose untuk mengedit artikel.
  • Mengganti pilihan di atas dengan "Gunakan tag <br>", lalu beralih kembali ke mode HTML dan menambahkan tag tersebut di tiap akhir paragraf.
  • Mematikan beberapa addon Firefox yang mungkin membuat Blogspot jadi tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Menyalin kembali artikel dari aplikasi pengolah kata (saya pakai Keynote) ke ruang "Edit Pos" Blogspot.

Setelah saya tidak tahu harus melakukan apalagi, saya cuma diam sambil bolak-balik scrolling halaman artikel ke atas dan ke bawah (kalau yang saya bolak-balik ini buku mungkin sudah bakalan lecek tidak berbentuk).


Berkat bolak-balik scrolling itulah akhirnya saya sadar bahwa kekacauan layout (ketiadaan baris antar paragraf) tersebut menumpuk di bagian akhir, sedangkan bagian tengah tubuh kalimat terdapat sedikit kekacauan yang sama pada beberapa subheading-nya, dan di bagian atas sama sekali tidak ada kesemrawutan apapun.

Artinya, kekacauan tersebut kemungkinan besar dimulai dari bagian tengah.

Dan dugaan saya ternyata benar. Semua kesengsaraan ini terjadi gara-gara saya lupa menutup elemen list.

Setelah saya menutup semua tag tersebut layout artikel pun menjadi persis seperti yang saya kehendaki.

Biar pun jengkel, plus kuota lumayan kesedot untuk keperluan perbaikan tersebut, tapi setidaknya menjadi pelajaran yang cukup berharga. Lain kali, kalau ada kesalahan yang sejenis, harus memeriksa artikel secara menyeluruh dan mendetail sebelum ngubek-ngubek lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar