Cara Menghapus IDM di Mozilla Firefox Agar Tidak Muncul di Add-ons Manager (Pengelola Pengaya)

Setelah IDM diinstall biasanya aplikasi tersebut akan mengintegrasikan dirinya dengan browser yang ada secara otomatis. Prilaku ini jadi masalah kalau kita tidak ingin IDM terpasang di browser tertentu seperti Firefox karena IDM tidak menyertakan tombol hapus di halaman ekstensi Firefox. Yang ada hanya tombol disable/enable (matikan/aktifkan).

Karena itulah, untuk menghapus IDM Firefox, kita harus melakukannya melalui folder instalasi IDM. Di dalam folder tersebut cari yang namanya file idmmzcc. Ada tiga file dengan nama yang sama.

Untuk Firefox 53 ke atas, hapus idmmzcc3 (atau idmmzcc3.xpi) di dalam folder instalasi IDM, lalu restart Firefox. Untuk Firefox versi dibawahnya, hapus idmmzcc2 atau idmmzcc.



Folder instalasi IDM pada umumnya terletak di C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager\ atau di C:\Program Files\Internet Download Manager\



Kalau masih ragu-ragu, ada cara lain untuk mengetahui lokasi dan versi idmmzcc mana yang harus dihapus.

Caranya, buka Firefox, ketik about:support di address bar dan tekan Enter, lalu cari dan klik tombol Open Folder untuk membuka folder profil Firefox.

Setelah folder Firefox terbuka, cari extensions.json lalu seret (drag and drop) file tersebut ke jendela Firefox. Cari internet download manager dan lihat pada bagian path. Nah, itulah lokasi dan versi idmmzcc yang harus dihapus di dalam folder instalasi IDM.

Itulah cara uninstall IDM Firefox. Yang perlu diingat, metode ini akan menghapus IDM di semua profil Firefox. Untuk berjaga-jaga apabila kelak diperlukan, mungkin sebaiknya ketiga file idmmzcc tersebut dipindah saja ke lokasi lain atau disimpan online untuk backup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar