Tema Minimalis Serba Gelap untuk Firefox: ShadowFox

Firefox punya tema gelap yang bisa diaktifkan melalui menu Customize (Ubahsuai). Setelah diaktifkan, browser terlihat serba gelap, tapi sebenarnya yang gelap hanya permukaannya. Masih ada bagian-bagian yang tetap putih seperti menu klik-kanan, isi folder bookmark pada bookmark bar (bilah alat markah), halaman pengaturan, halaman add-on (pengaya), halaman Library (pustaka), dan lainnya. Kekurangan-kekurangan itulah yang kemudian mendorong munculnya ShadowFox.



Berbeda halnya dengan tema Firefox pada umumnya yang hanya mengubah latar belakang toolbar, ShadowFox juga memoles halaman-halaman internal Firefox. Bahkan halaman add-on di addons.mozilla.org juga ikut dibuat gelap.

ShadowFox bisa dipasang pada profil Firefox secara terpisah. Nantinya akan muncul folder chrome di dalam folder profil Firefox yang memuat file userChrome dan userContent setelah ShadowFox terpasang. Dalam proses pemasangannya ShadowFox akan mengunduh kedua file tersebut.

Cara memasang ShadowFox seperti berikut:



1. Download installer ShadowFox.
2. Jalankan installernya.
3. Gunakan Tab untuk navigasi dan Enter untuk mengklik pilihan. Mouse tidak bisa digunakan pada jendela installer.
4. Pilih profil Firefox yang ingin dibuat gelap pada "Profile to use".
5. Centangi pilihan "Set Firefox dark theme".
6. Klik "Install/Update ShadowFox".

Jika Firefox masih terbuka saat ShadowFox diinstall, restart Firefox untuk memuat perubahannya.

Catatan: ShadowFox sudah mencapai versi 1.7.20 saat artikel ini diterbitkan.

Secara keseluruhan tampilan tema ShadowFox bagus tapi ada kekurangan yang cukup menggangu. Contohnya seperti bookmark bar (bilah alat markah) yang ukurannya jadi minim sehingga icon-icon yang ada terlihat berdesakan.



Menu konteksnya pun juga ikut dipadatkan. Saat mengklik-kanan salah satu tab terlihat sekali isi menunya berjubelan dengan huruf yang kecil sehingga agak susah menelusurinya.



Selain itu beberapa pengaturan addons juga susah dibaca karena teksnya berwarna hitam dengan latar belakang yang keabu-abuan.



Terlepas dari semua kekurangannya, ShadowFox termasuk pilihan yang layak untuk dicoba buat siapapun yang tidak puas dengan tema gelap bawaan Firefox. Yang menggunakan ekstensi OneTab kemungkinan besar akan menyukai ShadowFox ini karena halamannya pun juga gelap dengan teks yang berwarna biru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar