4 Cara Menampilkan Taskbar dalam Mode Full Screen di Windows 10

Taskbar memungkinkan penggunanya untuk mencari, melihat dan berpindah antar aplikasi dengan mudah. Pada umumnya taskbar terletak di bawah dan tampil setiap saat kecuali jika taskbar disetel dalam mode auto hide atau jika Windows memasuki mode full screen.

Ketika pengguna mengaktifkan mode full screen, taskbar akan disembunyikan secara otomatis. Untuk menampilkan taskbar tanpa keluar dari full screen ada lebih dari satu cara yang bisa dipilih tergantung dari keperluan masing-masing.

taskbar windows 10

Keempat cara tersebut antara lain:
  • Tekan kombinasi tombol logo Windows dan T (Win + T) untuk menampilkan taskbar dengan fokus pada icon aplikasi yang terletak di samping kanan Start menu.
  • Tekan kombinasi tombol logo Windows dan B (Win + B) untuk memunculkan taskbar dengan fokus pada icon panah menu pop-up yang terletak di area notifikasi.
  • Tekan tombol logo Windows untuk memunculkan taskbar dengan Start menu dalam kondisi terbuka.
  • Tekan Ctrl + Esc untuk menampilkan Start menu beserta dengan taskbar.

Taskbar yang muncul setelah menggunakan salah satu shortcut keyboard di atas akan menghilang secara otomatis jika kita mengklik pada area full screen.


Perlu diketahui kondisi mode full screen tidak selalu sama untuk setiap aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang memiliki pengaturan full screen dengan sedikit fitur tambahan. Misalnya FastStone Image Viewer yang bisa diatur untuk tetap menampilkan taskbar meskipun aplikasi sedang berada dalam mode full screen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar