Cara Membuat Taskbar Jadi Transparan Total di Windows 10

Taskbar di Windows 10 bisa diatur agar tampil transparan. Ada 3 cara yang bisa dipilih. Masing-masing cara tersebut menyediakan tingkat transparansi yang berbeda.

Cara pertama dan kedua bisa dijalankan tanpa aplikasi tambahan, tapi hasilnya tidak maksimal. Sedangkan cara yang ketiga menggunakan bantuan aplikasi ringan tapi taskbar benar-benar tembus pandang sehingga yang terlihat hanya icon-icon aplikasi yang ada di lokasi tersebut. Selain itu, ada 4 efek yang tersedia, yaitu normal, opaque, blur dan clear.

Cara 1: Sedikit Transparan (Translucent)


Sebenarnya efek yang didapatkan dengan metode ini bukan efek transparan, melainkan translucent. Tapi karena istilah di Windows menggunakan transparency, disini kita ikuti saja istilah tersebut.

Metode ini paling mudah karena pengguna hanya perlu mengaktifkan pengaturan transparansi yang sudah tersedia di dalam Windows 10. Kekurangannya, level transparansinya sangat minim dengan warna aksen yang masih dominan seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut ini.



Langkah-langkahnya:

1. Buka halaman Settings, lalu klik Personalization.
2. Klik Colors pada bagian sebelah kiri.
3. Setel Transparency effects di bagian sebelah kanan ke On.



Perubahan akan terjadi saat itu juga tanpa perlu restart.


Cara 2: Lebih Transparan (Translucent)


Dalam metode ini pengguna harus menambah pengaturan baru di registry. Buat yang belum pernah menyentuh registry tidak perlu takut karena pada dasarnya yang dilakukan disini tidak ubahnya seperti membuat file baru.

Tingkat transparansi yang diperoleh setelah menjalankan cara ini tidak mengecewakan meskipun tidak 100% tembus pandang. Taskbar masih terlihat sedikit remang-remang karena ada sedikit warna aksen yang tersisa.



Langkah-langkahnya:

1. Klik start menu dan cari regedit.

2. Klik-kanan pada regedit dan klik Run as administrator, lalu masukkan password admin jika ada.



3. Di dalam regedit buka direktori HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced

4. Klik-kanan pada ruang kosong di sebelah kanan, klik New > DWORD (32-bit) value, beri nama UseOLEDTaskbarTransparency dan tekan Enter.

5. Klik ganda pada UseOLEDTaskbarTransparency, rubah Value data dari 0 menjadi 1, klik OK.



6. Klik-kanan pada ruang kosong di desktop, klik Personalize, lalu klik Colors.

7. Setel Transparency effects ke On. Jika ternyata pengaturan tersebut sudah On, setel ke Off lalu kembalikan ke On. Tujuannya untuk mengaktifkan perubahan yang baru saja dilakukan di registry.


Cara 3: Taskbar Transparan Total 100%


Berbeda dengan kedua cara di atas, metode ini menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama TranslucentTB tapi hasilnya benar-benar tembus pandang. Ukurannya kecil, hanya sekitar 1.5 MB.



Download TranslucentTB dari sini.

Kalau link download di atas mati, kunjungi link ini atau ini.

Install TranslucentTB dan kemudian jalankan aplikasi tersebut.

Taskbar akan langsung transparan total ketika aplikasi dijalankan tapi kondisi ini hanya berlaku di desktop. Jika pengguna membuka aplikasi lain dengan kondisi jendela yang maximized, taskbar akan berubah menjadi blur. Untuk membuatnya tetap transparan, klik pada icon aplikasi di tray, pilih Maximized window, dan hilangkan tanda centang pada Enabled.



Berbeda dengan versi lama yang efek transparannya bisa tetap aktif sekalipun aplikasi ditutup, di versi terbarunya TranslucentTB harus tetap berjalan di tray untuk mempertahankan efek tersebut. Konsumsi memorinya cukup kecil, yaitu sekitar 7 MB. Kalau ingin yang lebih ringan lagi, gunakan versi lama yang fiturnya jauh lebih sederhana.

Untuk menjalankan TranslucentTB secara otomatis saat startup, klik pada icon aplikasi lalu centangi pilihan Open at boot. Jangan lupa untuk memilih Advanced > Save settings untuk menyimpan pengaturan transparansi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar