Mengembalikan New Text Document Hilang dari Menu Klik Kanan di Windows 10

Pilihan untuk membuat file txt di menu konteks bisa saja hilang atau tidak berfungsi setelah memasang atau uninstall program tertentu. Kebetulan kasus ini saya alami tepat setelah menjalankan aplikasi Black NotePad dari WinTools.

Buat yang mengalami masalah yang sama coba ikuti metode di bawah ini untuk mengembalikan opsi pembuatan new txt tersebut.



Metode 1


Download file zip ini dari Dropbox, ekstrak, klik-kanan pada file hasil ekstrak dan pilih Merge, masukkan password admin jika kotak dialog UAC muncul, lalu pilih Yes.



Tunggu beberapa saat lalu cek apakah opsi untuk membuat file text baru sudah muncul di dalam menu klik-kanan.

File zip tersebut berisi file .reg yang secara spesifik memuat pengaturan untuk memulihkan perintah pembuatan new txt di dalam menu konteks seperti semula.

Metode 2


Jika metode di atas tidak bekerja, download file zip ini dari Dropbox, ekstrak, klik-kanan pada file hasil ekstrak dan pilih Merge, masukkan password admin jika kotak dialog UAC muncul, lalu pilih Yes.

Tunggu beberapa saat lalu cek apakah opsi untuk membuat file text baru sudah muncul di dalam menu klik-kanan.

File zip tersebut berisi file .reg untuk mengembalikan asosiasi file text ke pengaturan default.

Kedua metode di atas tidak membutuhkan sign out, tidak perlu restart Windows Explorer, apalagi sampai restart komputer.

Tips: Selain dengan Merge, file registry di atas bisa diintegrasikan dengan cara klik-ganda pada file tersebut.

Khusus untuk kasus yang saya alami, perintah untuk membuat file text di menu konteks tersebut bisa dikembalikan dengan file registry yang kedua.

1 komentar:

  1. Terimakaih banyak. file yang pertama ternyata sudah cukup mengembalikan new text document. dalam kasus saya, setelah menginstal Photoshop CS6 dan setelah update Windows10 beberapa pengaturan dasar spt klik kanan ternyata berubah.

    BalasHapus