Cara Minimize Aplikasi Apa Saja ke Tray di Windows

Tidak semua aplikasi dilengkapi dengan fitur minimize to tray. Padahal, fitur ini lumayan penting untuk menyingkirkan aplikasi-aplikasi yang untuk sementara waktu tidak diperlukan. File Explorer, Google Keep dan OneNote adalah segelintir contoh dari sekian banyak aplikasi yang tidak bisa disimpan di area tray.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba RBTray. Aplikasi mungil ini terbilang antik karena sudah tidak pernah di-update lagi sejak tahun 2011. Namun demikian, RBTray ternyata mampu bekerja dengan baik ketika dicoba di Windows 7, 8 dan Windows 10 versi 1607 (Anniversary Update).

Sejauh ini semua aplikasi yang sudah dicoba dan berhasil disimpan ke tray dengan RBTray antara lain: File Explorer, Google Keep, OneNote, Google Chrome, Mozilla Firefox, Q-dir, Notepad, Akelpad, Typora, Pocket, Simplenote, Command Prompt dan lain-lain.



Cara menggunakan:

1. Download RBTray (90KB) dari sini atau sini atau sini

2. Extract RBTray.

3. Buka folder RBTray, lalu pilih folder selanjutnya yang sesuai dengan sistem Windows kamu. Kalau tidak mau repot-repot mencari tahu apakah sistem Windows kamu 32-bit atau 64-bit, pilih saja yang 32bit.

4. Klik-ganda pada aplikasi RBTray. Aplikasi ini tidak punya icon, jadi jangan bingung kalau setelah diklik kamu tidak bisa menemukan icon-nya dimanapun juga. Kalau memang ingin tahu apakah RBTray sudah berjalan, intip saja melalui Task Manager.

5. Untuk minimize aplikasi ke tray, klik-kanan pada tombol minimize aplikasi tersebut. Untuk memindahkannya kembali ke taskbar, klik satu kali pada icon aplikasi tersebut di tray.

RBTray bisa ditutup melalui Task Manager atau melalui klik-kanan pada aplikasi yang di-minimize ke tray lalu memilih opsi Exit RBTray.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar