Cara Backup Mozilla Firefox Tanpa Aplikasi Tambahan di Windows

Cara backup data di Firefox sudah seharusnya wajib untuk diketahui. Apapun yang kamu lakukan di dalam browser (mengubah settingan, browsing, utak-atik tampilan, install ekstensi, dll) akan direkam dan disimpan Firefox sebagai data profil. Jika data tersebut hilang, risiko yang paling parah adalah Firefox tidak bisa dibuka lagi sebagaimana mestinya.

Setidaknya ada 3 cara backup yang bisa dipilih untuk browser Firefox. Cara backup yang diulas kali ini benar-benar manual tanpa bantuan aplikasi backup apapun.

Langkah-Langkah Backup


Buat yang menggunakan Firefox berbahasa Indonesia, perhatikan istilah-istilah yang ada di dalam tanda kurung di bawah ini.

#Cari dan buka folder profil Mozilla Firefox


1. Masuk ke halaman Troubleshooting Information (Informasi Pemecahan Masalah) dengan cara ketik about:support di address bar, lalu tekan Enter.

2. Pada tabel Application Basics (Informasi Dasar Aplikasi), cari kolom Profile Folder (Folder Profil), lalu klik tombol Open Folder (Buka Folder) yang terletak disebelahnya. Selanjutnya, folder yang memuat data profil Firefox akan langsung terbuka.





#Tutup browser Firefox, lalu salin isi folder profil


3. Tutup browser.
4. Copy semua file yang ada di dalam folder profil dan paste ke folder baru.



Cara backup manual ini akan menyimpan seluruh isi folder profil yang meliputi: riwayat download, password, user preferences, cookie, password dan masih banyak lagi lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar