Cara Cepat Mematikan/Menghidupkan Koneksi Internet Secara Manual dan Otomatis

Menonaktifkan dan mengaktifkan koneksi internet itu gampang. Tidak perlu sampai mematikan modem, cukup dengan memanfaatkan fitur Network Connections yang ada di Windows. Tapi segampang-gampangnya sebuah cara, pasti pengennya cara yang paling cepat.

Kenalkan, namanya InternetOff. Aplikasi freeware ini dirancang khusus untuk mematikan koneksi internet semudah mungkin.

Cara kerjanya begini:

Selama beroperasi, aplikasi nongkrong di area tray. Saat ingin mematikan internet sementara, klik pada icon aplikasi di tray, lalu klik tombol "Turn off the internet".


Untuk menghidupkan kembali juga sama saja, klik pada icon lalu tekan tombol yang muncul.

Keistimewaan aplikasi tersebut bukan hanya terletak pada kemudahannya dalam menonaktifkan koneksi internet, tapi juga pada kemampuannya untuk menjadwal koneksi.

Untuk melihat fitur penjadwalan tersebut, coba matikan internet melalui aplikasi InternetOff. Kemudian, hidupkan kembali koneksinya. Nah, disaat kita hendak menghidupkan koneksi inilah akan muncul beberapa pilihan, yaitu menghidupkan koneksi secara permanen atau mengaktifkan koneksi dalam rentang waktu tertentu (misalnya 1 jam). Setelah 1 jam berlalu, koneksi internet akan mati dengan sendirinya.


Uniknya, kalau kita memilih untuk menghidupkan koneksi sementara (misalnya 5 menit), aplikasi akan menampilkan sebuah bar yang menunjukkan sisa waktu sampai internet kembali dimatikan.

Penjadwalan koneksi juga bisa ditemui di bagian Settings, tapi cara kerjanya beda. Disitu kita bisa menentukan kapan koneksi internet dinonaktifkan (misalnya jam 11 pagi sampai 12 siang pada hari Senin). Setelah masa nonaktif lewat, koneksi akan hidup dengan sendirinya.

Secara keseluruhan aplikasi ini cukup memuaskan. Ukurannya kecil, pengoperasiannya simpel, ga nguras tenaga sistem, dan kerjanya juga sesuai harapan.

Aplikasi bisa diunduh langsung dari sini atau sini. Kalau kedua link tersebut mati, kunjungi halaman downloadnya di sini.

InternetOff bisa dijalankan di Windows 10/8/7/Vista/XP (32/64 bit). Saat artikel ini ditulis, aplikasi menginjak versi 3.0.1.68.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar