Cara Mengubah Huruf & Ukuran Huruf Website di Google Chrome

Pernah menemukan website yang hurufnya terlalu kecil atau terlalu 'stylish' sehingga malah sulit dibaca? Pemilik website yang peduli dengan pengunjungnya pasti berusaha memilih font yang jelas dan enak dibaca, tapi sayangnya sulit untuk memenuhi keinginan setiap orang. Apa yang menurut pemilik website sudah cukup bagus belum tentu bagus menurut pengunjung.

Sebagai contoh, huruf Arial. Font ini banyak dipakai tapi banyak juga yang tidak suka, apalagi kalau ukuran hurufnya cuma 13px atau bahkan lebih kecil.

Berikut ini adalah cara mengubah huruf sekaligus ukurannya di Google Chrome. Ada 2 cara: manual dan otomatis.


Cara 1: Cara Manual Memperbesar Ukuran Huruf


Disini setidaknya ada 3 cara yang bisa dipilih: mouse, menu, atau hotkey.

Saat menemukan website yang ukuran hurufnya mini, putar roda mouse ke atas sambil menekan tombol keyboard Ctrl untuk memperbesar huruf. Sebaliknya, untuk memperkecil, gulung roda mouse ke arah bawah.

Cara lainnya yaitu dengan menekan tombol + yang ada di menu Google Chrome.

memperbesar font di chrome

Cara yang terakhir, tekan tombol Ctrl, tahan tombol tersebut sambil menekan tombol + berkali-kali sampai puas dengan ukuran hurufnya. Kalau kebablasan dan hurufnya malah jadi terlalu besar, perkecil ukurannya dengan menekan tombol Ctrl dan tombol -.


Cara 2: Cara Mengganti Font Untuk Website Tertentu dan Untuk Semua Website


Misalnya kamu ingin semua website ditampilkan dalam huruf Roboto, tapi untuk website-website favorit hurufnya wajib memakai PT Sans.

Untuk itu kita perlu menginstall ekstensi Font Changer (link).

Setelah terinstall, yang perlu dilakukan pertama kali adalah mengatur huruf secara global. Caranya, klik icon ekstensi di toolbar, lalu pastikan pilihan pada kolom Use adalah Global Settings.

Centangi Font Name, pilih font Roboto atau lainnya sesuai selera, lalu klik Done. Selanjutnya, buka website apa saja untuk mengecek hasilnya.




Untuk memasang font yang berbeda di website favorit, caranya:

Buka website tersebut, pilih Custom Settings pada kolom Use, lalu pilih font PT Sans atau lainnya sesuai minat. Sedangkan untuk mengubah ukuran hurufnya, centangi kolom Font Size lalu ketikkan angka yang diinginkan, misalnya 18.



Dengan ekstensi ini, kita juga bisa memakai font sendiri, lho. Caranya, klik Edit Custom Fonts yang terletak di bawah kolom Font Name pada menu ekstensi (lihat gambar di atas), klik tombol Choose File untuk memilih font dari komputer (lihat gambar di bawah), lalu klik tombol Save Font.



Font tersebut nantinya akan langsung tampil di dalam daftar font pada menu ekstensi sehingga bisa digunakan saat itu juga. Font pribadi juga akan muncul dalam daftar Saved Fonts dan bisa dihapus dengan mudah kalau tidak diperlukan lagi.

Cara Mana Yang Terbaik?


Tergantung keperluannya. Untuk cara pertama, lebih cocok untuk website yang hasil 'nemu' entah itu dari hasil googling atau dapet link dari teman. Sedangkan yang kedua, yang pake ekstensi pengubah font, lebih oke buat situs-situs yang rajin dikunjungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar