Cara Cepat Mematikan Ekstensi Google Chrome

Ekstensi yang berjalan terus-menerus dapat mempengaruhi performa browser, yang ujung-ujungnya juga akan berdampak negatif pada sistem secara keseluruhan. Untuk mengurangi beban, sebaiknya ekstensi yang sedang tidak diperlukan dimatikan saja dan hanya dihidupkan kembali saat benar-benar dibutuhkan. Untuk mematikan ekstensi, biasanya pengguna harus membuka jendela ekstensi. Cara ini mudah tapi tidak praktis. Jendela ekstensi bisa saja di-bookmark pada bar agar bisa dibuka dalam sekali klik, tapi cara ini masih kurang praktis.

Cara paling cepat adalah dengan mengklik-kanan pada icon ekstensi yang tampil di toolbar, tapi sayangnya tidak ada opsi untuk mematikan, yang ada hanya opsi untuk menghapus ekstensi.

Sebagai solusinya, pakai ekstensi One Click Extension Manager.

One Click Extension Manager (OCEM) memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk mematikan, menghidupkan dan menghapus ekstensi. Plus, kamu juga bisa mengakses opsi setiap ekstensi. Semuanya itu dilakukan langsung melalui toolbar seperti yang bisa dilihat pada gambar di bawah ini:



OCEM sudah saya coba selama kurang lebih 4 hari tanpa ada masalah. Yang paling saya suka dari ekstensi tersebut adalah kecepatannya dan tampilan antarmukanya yang sederhana dan rapi.
Yang saya coba tersebut adalah OCEM versi 1.2.2 pada Google Chrome versi 57.0.2987.110.

Untuk mematikan dan menghidupkan ekstensi, pengguna hanya perlu mengklik nama ekstensi yang menjadi sasaran.

Ekstensi yang dimatikan akan dipindah posisinya ke bawah setelah menu OCEM ditutup.


Untuk menghapus, klik-kanan pada ekstensi yang ingin di-uninstall. Nantinya pilihan untuk menghapus (yang dilambangkan dengan icon reycle bin) akan muncul dalam kolom ekstensi tersebut.

Ada juga pilihan DISABLE ALL untuk langsung mematikan semua ekstensi sekaligus.

Buat yang ingin mengecek seberapa besar memori yang dikonsumsi setiap ekstensi bisa meninjaunya melalui Task Manager yang termasuk fitur bawaan Google Chrome (tekan Shift + Esc).

Buat yang tertarik, install One Click Extension Manager dari toko web chrome (link). Ekstensi tersebut sudah menginjak versi 1.2.2 pada saat artikel ini diterbitkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar