Cara Cek Pemakaian Kuota Internet Setiap Aplikasi di PC dan Laptop

Konsumsi data internet yang memakan paket kuota (atau membuat bandwidth jadi sesak) tidak semata-mata berasal dari browser atau aplikasi downloader. Aplikasi lain mungkin saja berusaha membuat koneksi tanpa sepengetahuan kita. Misalnya, pengecekan update yang dilakukan secara otomatis ketika sebuah aplikasi dijalankan.

Dengan memonitor lalu lintas internet, selain dapat mengetahui seberapa banyak data yang sudah dikonsumsi dalam periode tertentu, pengguna juga bisa langsung mengetahui nama aplikasi yang menyerobot jalur bandwidth.

Cek Konsumsi Data Internet dengan Aplikasi Pihak Ketiga


Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk memonitor trafik internet adalah Glasswire. Tampilan antarmukanya sangat bagus dan representatif. Glasswire tersedia dalam versi gratisan dan komersil, namun versi gratisannya sudah cukup memadai untuk membantu mengelola pemakaian paket kuota agar tidak cepat habis atau untuk membantu agar bandwidth tetap lapang sehingga koneksi senantiasa lancar jaya.

Pertama-tama, download Glasswire melalui situs resminya: glasswire.com.

Pada saat artikel ini diterbitkan, Glasswire menginjak versi 1.2.96. Installernya memiliki ukuran sebesar 29.3 MB.

Jalankan Glasswire setelah selesai diinstall. Aplikasi tersebut akan diam di area tray selama beroperasi.

Setelah dijalankan, diamkan dulu beberapa waktu sambil terus beraktivitas seperti biasanya. Setiap koneksi yang muncul nantinya akan dideteksi dan direkam secara otomatis oleh Glasswire. Kita tidak perlu mengubah konfigurasi apapun karena pendeteksian tersebut sudah aktif dengan sendirinya.

Ketika sebuah aplikasi terkoneksi dengan internet untuk yang pertamakalinya, Glasswire akan memunculkan notifikasi untuk memberitahu pengguna. Selanjutnya, aktivitas aplikasi tersebut akan dimonitor secara berkesinambungan.

Untuk mengecek pemakaian kuota, klik icon Glasswire di tray untuk membuka jendela utamanya. Tidak perlu klik-ganda, cukup sekali klik.



Klik tab "Usage". Di dalam tab tersebut kita bisa melihat detail pemakaian kuota setiap aplikasi sejak Glasswire diinstall. Rincian tersebut dibagi dalam tiga kategori periode waktu: Month, Week, Day. Klik masing-masing periode tersebut untuk mengetahui rincian pemakaian bulanan, mingguan dan harian.



Selain itu, pengguna juga bisa mengecek pemakaian kuota dari tanggal sekian hingga tanggal lainnya. Caranya, klik periode Month atau Week, lalu gerakkan tombol geser yang terletak di bagian paling bawah ke periode tanggal yang diinginkan.



Cara lainnya, yaitu dengan mengklik kalendar mini yang tersembunyi di bagian atas. Klik kalendar di sebelah kiri untuk menentukan tanggal mulai, dan klik kalendar sebelah kanan untuk menentukan tanggal akhir.





Cek Pemakaian Kuota dengan Fitur Bawaan Windows 10


Di Windows 10 sudah tersedia fitur untuk mengawasi konsumsi data internet selama 30 hari terakhir. Fitur tersebut aktif dengan sendirinya setelah Windows 10 diinstall sehingga pengguna hanya perlu mengaksesnya untuk mengetahui rincian pemakaian kuota.

Caranya, buka halaman Settings, lalu klik menu Network & Internet.



Klik Data usage. Disini kita sudah bisa melihat total pemakaian kuota dalam kurun waktu 30 hari terakhir. Untuk mengetahui rinciannya, klik Usage details



Biasanya dibutuhkan waktu beberapa saat sebelum rincian akhirnya muncul, jadi harap tunggu sebentar. Rincian pemakaian tersebut berisi semua aplikasi yang pernah terkoneksi dengan internet berikut total data internet yang dikonsumsi setiap aplikasi tersebut dalam kurun waktu 30 hari terakhir.



Jika dibandingkan, rincian pemakaian kuota di Glasswire terlihat jauh lebih mendetail dan aksesnya pun lebih cepat. Pengguna juga bisa memblokir aplikasi yang manapun juga agar tidak bisa terkoneksi dengan internet. Di Windows 10, pemblokiran ini juga dapat dilakukan melalui firewall, tapi prosedurnya tidak semudah Glasswire yang hanya memerlukan sekali klik.




2 komentar:

  1. gan ane pas install ada keterangan cannot fin Msvcp140.dll & Qt5.dll itu kenapa ya? dah ane download taro di system32 dan restart pc masih begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane extract glasswire dah ada tuh keduanya didalam installernya, coba aja download dan install sekali lagi, siapa tau cuma corrupt pas download, kalo tetep ga bisa mungkin msvcp140 mungkin perlu diregister dulu atau coba cari Microsoft Visual C++ Redistributable Packages for Visual Studio di https://gist.github.com/mmozeiko/de5d9b756bd11b77db8bf4253bed8b3e atau di https://support.microsoft.com/en-us/help/2977003/the-latest-supported-visual-c-downloads

      Hapus