3 Cara Update Google Chrome ke Versi Terbaru

Google Chrome bisa diupdate secara otomatis dan manual. Biasanya, apabila pengguna tidak melakukan perubahan apapun terhadap pengaturan update, browser akan terupdate dengan sendirinya.

Dalam proses update, Google Chrome melakukannya secara diam-diam. Seluruh komponen yang diperlukan untuk mengupdate versi lama ke versi terbaru didownload tanpa pemberitahuan terlebih dulu.

Setelah semua komponen update selesai diunduh, pengguna harus merestart browser untuk mengaktifkan versi terbaru tersebut.

Apabila pengguna tidak kunjung menutup atau merestart browser, akan muncul pemberitahuan di Google Chrome bahwa browser perlu direstart untuk menyelesaikan update.

Selain dengan cara otomatis di atas, Google Chrome juga bisa diupdate secara manual. Setidaknya ada 3 cara manual yang bisa dipilih.

Melalui Menu Google Chrome

1. Klik tombol menu Google Chrome di pojok kanan atas, lalu klik Help > About Google Chrome.


2. Browser akan memeriksa server apakah ada versi terbaru atau tidak. Jika ada, versi tersebut akan otomatis diunduh. Jika tidak, akan muncul pemberitahuan bahwa browser sudah dalam kondisi terupdate.

3. Setelah update selesai, restart browser untuk mengaplikasikan update tersebut.


Melalui Address Bar

Ketik chrome://help di address bar, lalu tekan Enter.

Sebenarnya cara ini sama saja seperti di atas, yaitu membuka halaman About untuk melakukan upgrade versi. Hanya cara membukanya saja yang berbeda.


Menggunakan Offline Installer

1. Download offline installer Google Chrome terbaru dari halaman ini.

2. Uninstall Google Chrome yang sekarang.

3. Install Google Chrome terbaru.


TIPS: Terkadang ada update yang justru malah menimbulkan masalah pada browser, karena itulah disarankan untuk selalu menyimpan installer versi sebelumnya. Jadi kalau ada apa-apa bisa langsung balik ke versi tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar