Cara Kembali ke Halaman Sebelumnya dengan Backspace di Google Chrome

Sejak Google Chrome 52, tombol backspace yang tadinya bisa dipakai untuk kembali ke halaman sebelumnya menjadi tidak berfungsi lagi. Google memang sengaja meniadakan fungsi tersebut dengan alasan jarang ada yang pakai.

Alasan lainnya, sejumlah user melaporkan terjadinya 'kecelakaan' gara-gara backspace, yaitu mereka mengklik tombol tersebut tanpa sengaja sehingga form yang sedang diisi tertutup dan mereka harus mengulang mengisinya lagi.

Sebenarnya untuk kembali ke halaman sebelumnya sudah ada hotkey alternatifnya, yaitu Alt + panah kiri, tapi tetap saja tidak senyaman backspace yang tinggal pencet satu tombol.

Karena Google memutuskan untuk menghilangkan fungsi backspace tersebut ketimbang menjadikannya opsional, user yang kecewa bisa mencoba untuk menggunakan ekstensi.

Photo Credit: FreeImages.com/Dadado Gonçalves

Beberapa ekstensi yang bisa dicoba adalah Backspace to go Back, Back to Backspace, Go Back with Backspace.

Ketiganya punya fitur dan kekurangan yang sama. Kekurangannya, tidak bisa digunakan untuk halaman-halaman yang berawalan chrome://, misalnya chrome://help, chrome://settings, dsb.

Kekurangan lainnya, ketika saya coba googling, kursor mouse ditempatkan di dalam kotak search setelah backspace ditekan. Dengan demikian kita tidak bisa menekan backspace berkali-kali untuk kembali ke halaman yang lebih awal di halaman pencarian Google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar