Cara Mengunci File PDF Agar Tidak Bisa Dicopy Atau Diprint

Ada sejumlah aplikasi yang mampu mengamankan teks dan gambar dalam PDF sehingga tidak bisa dicopy atau diprint, salah satunya adalah PDF Shaper Free. Meskipun gratis, aplikasi yang dirancang untuk Windows ini memiliki berbagai fitur pengolahan PDF didalamnya seperti memecah dan menggabungkan PDF, ekstrak gambar dari dalam PDF, menghapus halaman dan lain sebagainya.

Pengoperasiannya juga sangat mudah. Untuk mengunci teks PDF, pada dasarnya yang perlu dilakukan hanyalah memasukkan file ke dalam PDF Shaper, menambahkan password, mengaktifkan proteksi, dan kemudian mengklik tombol Process.

PDF Shaper Free dilengkapi dengan fitur batch-processing sehingga pengguna bisa memproteksi beberapa file PDF sekaligus.

1. Pertama-tama, bagi yang belum punya, silahkan download PDF Shaper Free terlebih dulu dari situs resminya

2. Setelah download selesai, install PDF Shaper dan kemudian jalankan aplikasi tersebut.

3. Klik "Security", lalu klik "Encrypt".



4. Sebuah jendela baru akan muncul. Masukkan seluruh file PDF dengan menekan tombol "Add" atau dengan cara seret dan tarik (drag and drop) file PDF kedalamnya.



5. Klik tab [Option]



6. Ketikkan password yang diinginkan ke dalam kolom "Owner password", lalu hilangkan tanda centang pada opsi berikut: print, copy access, change, print full, copy. Perbedaan antara owner dan user password: owner password digunakan untuk mengatur keamanan file PDF, sedangkan user password digunakan untuk membuka file PDF.



7. Klik tombol [Process]. Berikutnya jendela "Select Folder" akan muncul dimana anda bisa memilih folder untuk menyimpan PDF yang akan diproses. Tekan tombol [Select Folder] dan file PDF pun akan langsung diolah.



Sekarang coba buka file PDF hasil penguncian tersebut.



Seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas, teks dalam dokumen PDF tersebut tidak bisa dicopy. Opsi "Copy" di dalam menu klik-kanan tidak bisa digunakan karena sudah dikunci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar