Cara Upload Foto/Video ke Instagram Lewat PC/Laptop/Mac

Upload foto atau video ke instagram bisa langsung melalui PC atau Laptop, jadi tidak harus selalu menggunakan HP. Repot juga kan kalau harus memindahkan file ke hp setiap kali pengen upload?

Sebelumnya, kamu mau upload apa dulu? Kalau cuma mau upload foto, tidak perlu pakai aplikasi lain, cukup pakai browser. Tapi kalau mau upload video, terpaksa kamu harus pakai aplikasi khusus.

Salah satunya yang bisa kamu pakai adalah Gramblr. Gratis. Kamu hanya perlu membuat akun Gramblr untuk bisa menggunakannya. Akun tersebut bisa langsung dibuat melalui aplikasi Gramblr.



Tahap Pertama Menggunakan Gramblr


1. Kamu sudah harus punya akun Instagram. Yang belum punya bisa langsung daftar ke website Instagram.
2. Download Gramblr.
3. Ekstrak Gramblr dan jalankan aplikasi tersebut. Tunggu sampai Gramblr selesai loading yang nantinya akan memuat sebuah formulir.
4. Isi formulir seperti yang diminta. Tiga kolom teratas untuk membuat akun Gramblr, sedangkan dua kolom terbawah adalah username dan password Instagram kamu. Setelah formulir diisi, klik tombol Sign Up.



Cara Upload Foto ke Instagram


5. Berikutnya akan muncul tampilan aplikasi Gramblr seperti di bawah ini.
  • Jika ingin merubah bahasa ke bahasa Indonesia, klik teks EN di pojok kanan atas lalu pilih Bahasa Indonesia.



6. Klik pada kotak bergaris putus-putus yang terletak di tengah untuk memasukkan foto.

7. Setelah memasukkan foto, klik tombol "Simpan". Jika dirasa perlu, foto juga bisa dipotong sebelum disimpan.



8. Di tahap ini, kita bisa menambahkan berbagai efek foto serta memberi bingkai melalui pilihan "Filter". Ada juga pilihan "Gerakan" yang akan mengubah foto statis menjadi foto bergerak atau video pendek. Setelah itu klik tombol "Lanjutkan".



9. Nah, disinilah pengguna bisa menambahkan caption atau deskripsi singkat mengenai foto yang hendak diupload. Tersedia pula sejumlah smiley untuk membuat caption jadi lebih menarik. Foto bisa diupload saat itu juga atau dijadwalkan untuk diupload di lain waktu. Setelah menambahkan caption dan memilih waktu upload, klik tombol "Kirim!"






Cara Upload Video ke Instagram


1. Masukkan video.

2. Pilih Cover foto.
  • Geser tombol ke bagian video yang tampilannya ingin dijadikan sebagai cover, lalu klik "Use as Cover Photo". Setelah itu kembalikan tombol ke posisi semula.

3. Pilih bagian video yang ingin di-upload (lewati langkah ini kalau ingin upload video secara utuh).
  • Geser tombol ke bagian video untuk menentukan titik awal dan akhir video.

4. Crop video sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Bagian yang di-crop itulah yang akan tampil di Instagram. Langkah ini wajib dilakukan untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

5. Klik tombol jempol di sebelah kanan video. Warna tombol ini berubah menjadi hijau setelah video di-crop.

6. Video siap diunggah ke Instagram. Kamu bisa menambahkan teks dan smiley sebelum upload.


Kalau kamu memilih untuk menjadwalkan waktu upload, Gramblr akan menayangkan hitungan mundur untuk upload tersebut yang bisa dilihat di bagian atas di sebelah kiri gambar profil.

Selain itu, setiap foto yang dijadwalkan juga bisa dicek melalui panel Jadwal.

Semua foto yang sudah diupload ke Instagram bisa dilihat melalui panel Riwayat. Di dalam panel tersebut, pengguna bisa melihat setiap foto beserta deskripsi dan waktu upload. Ada juga tombol kecil merah untuk menghapus foto dari Instagram tanpa harus membuka akun di browser dan tombol biru yang memuat link foto di Instagram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar