Cara Mengganti Nomor HP di Gmail

Setelah mengganti nomor HP, sudah seharusnya setiap pengguna Gmail juga turut memperbarui informasi nomor HP pada layanan email tersebut demi keamanan di masa mendatang, apalagi bagi yang pernah lupa password. Dengan menyesuaikan nomor HP, nantinya proses pemulihan akun Gmail atau reset password akan jadi lebih mudah.

Setelah informasi nomor HP dirubah sesuai dengan yang baru, disarankan untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah agar keamanan jadi lebih ketat. Tidak perlu mengaktifkannya untuk semua akun yang dimiliki, cukup untuk akun Gmail yang penting saja.

Langkah-Langkah Mengubah Nomor Ponsel di Gmail


1. Buka halaman https://myaccount.google.com/ dan kemudian login dengan menggunakan username dan password Gmail.

2. Di bagian "Personal info & privacy", pilih Your personal info.



3. Cari informasi nomor telpon yang lama, lalu klik pada nomor tersebut.

4. Di tahap ini pengguna dibawa ke halaman "Phone". Klik icon pensil di samping kanan nomor HP.



5. Halaman login akan kembali muncul. Silahkan login kembali. Setelah login, halaman Phone yang tadi akan kembali terlihat. Klik icon pensil sekali lagi. Kali ini, jendela opsi untuk mengganti nomor HP akan tampil.

6. Klik tombol Update number.

7. Masukkan nomor HP yang baru ke dalam kolom yang disediakan, lalu klik tombol Verify.

8. Berikutnya, klik tombol Get code untuk mengirimkan SMS kode verifikasi ke nomor HP yang baru.

9. Masukkan kode verifikasi yang diterima melalui SMS ke kolom Enter Code, kemudian klik Verify.

10. Bagi yang ingin diberi kabar oleh Google melalui SMS setiap kali ada aktivitas mencurigakan, misalnya ada yang berusaha membobol akun, biarkan opsi pertama tetap tercentang. Klik tombol Continue.



Buat yang belum tahu, password yang dipakai untuk login ke Gmail juga berlaku untuk seluruh layanan di akun Google. Jadi jika password Gmail hilang, maka data yang kita simpan di layanan Google lain seperti Google Photos dan Google Docs juga tidak akan bisa diakses.

Karena itulah, meskipun menyediakan nomor HP sebagai opsi pemulihan akun tidaklah wajib, sangat dianjurkan untuk melakukannya. Jadi jangan lupa untuk selalu mengganti nomor HP di Gmail setiap kali nomor HP berubah.

Selain selalu mengupdate nomor HP, pastikan pula untuk menggunakan password yang kuat agar tidak mudah dijebol. Tips dan cara untuk mengganti password Gmail bisa di baca di sini.

2 komentar: