Cara Mengganti Password Wifi Indihome

Bagaimana cara mengganti password wifi Indihome? Waktu memasang Indihome, biasanya petugas Telkomlah yang mengatur semua settingan modem, termasuk konfigurasi wifi dengan passwordnya yang terkadang asal jadi. Akibatnya, password tersebut mudah dijebol.

Pengguna yang cukup paham dengan urusan modem biasanya akan curiga ketika koneksinya mendadak lemot dan kemudian mencoba mematikan koneksi wifi untuk membuktikan kecurigaannya. Cara lainnya bisa dengan membuka panel konfigurasi modem untuk mengecek siapa saja yang sedang memakai wifi atau menggunakan aplikasi tertentu untuk memonitor penggunaan wifi secara terus-menerus.

Lain halnya dengan pengguna awam. Begitu koneksi internet melambat, kemungkinan besar yang langsung dituduh sebagai penyebabnya adalah kualitas koneksi ISP yang buruk. Padahal bisa saja ada orang lain yang menebeng wifi secara diam-diam untuk streaming video HD atau download file berukuran besar.

Mengubah password wifi dengan password yang panjang dan kompleks memang tidak 100% menjamin keamanan, tapi setidaknya akan membuat orang lain lebih sulit untuk menjebol password. Selain mengganti password wifi, dianjurkan pula untuk mengaktifkan MAC address filtering supaya lebih aman lagi. Mungkin banyak yang akan memberitahu bahwa filtering tersebut tidak menyediakan proteksi yang memadai, namun setidaknya dengan mengaktifkannya akan menambah kerjaan bagi siapapun yang berusaha menyusup ke jaringan wifi.

Cara Mengganti Password Wifi Indihome Untuk Modem TP-Link


Buka browser apa saja, lalu ketikkan IP Address modem pada addres bar dan tekan Enter. Biasanya IP Address modem tertera pada badan modem, jadi coba cek bagian belakang modem untuk mengetahui IPnya.

Isi kolom user name dan password, lalu tekan tombol Enter pada keyboard untuk login ke modem. Kalau keduanya belum pernah diganti, coba isi saja dengan admin. Jadi, user name = admin, password = admin.



Di tahap ini, dashboard modem Indihome akan muncul. Klik "Interface Setup".



Klik pada menu "Wireless".



Cari kolom Pre-Shared Key, hapus password yang ada, lalu ganti dengan password yang diinginkan.



Klik tombol Save yang terletak di bagian paling bawah.

Setelah di-save, jangan lupa untuk turut mengganti password wifi di laptop dan perangkat lain seperti ponsel agar bisa terkoneksi kembali dengan wifi seperti sebelumnya.

Itulah cara mengubah password wifi Indihome. Ingat, sebisa mungkin buatlah password yang kompleks dan panjang agar tidak mudah dijebol. Kalau perlu, rubahlah password secara berkala.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar