Cara Menggunakan Hotspot Shield Lengkap Dengan Gambar

Meskipun ada banyak alternatif untuk membuka situs yang diblokir, masih banyak yang memilih memakai Hotspot Shield. Dalam artikel ini dijelaskan mengenai cara menggunakan Hotspot Shield selengkap mungkin, mulai dari cara install hingga cara menggunakannya untuk mengakses situs-situs yang tidak bisa dibuka karena diblokir oleh Internet Positif atau lainnya.

Panduan ini terbagi menjadi dua, yaitu cara menggunakan Hotspot Shield di PC/Laptop sebagai ekstensi browser dan cara menggunakan Hotspot Shield di PC/Laptop sebagai aplikasi.

Cara Menggunakan Hotspot Shield di PC/Laptop Sebagai Ekstensi Google Chrome


Di sini yang digunakan adalah ekstensi Hotspot Shield versi 2.2.30 dan Google Chrome versi 57.0.2987.110. Keduanya merupakan versi terbaru pada saat panduan ini diperbarui.

1. Kunjungi halaman ekstensi Hotspot Shield VPN di sini, lalu klik tombol "Add to Chrome".



2. Klik "Add Extension" dan tunggu hingga instalasi selesai yang ditandai dengan munculnya halaman baru dan icon Hotspot Shield di toolbar Google Chrome.


3. Klik pada icon Hotspot Shield untuk mulai mengaktifkan, lalu klik "Continue as free user" pada menu yang muncul.



4. Pada tahap ini akan muncul sambutan yang ditandai dengan menggelapnya menu. Sambutan tersebut berisi sedikit petunjuk mengenai fungsi TOP SITES dan MY SITES. Klik pada ruang kosong di dalam menu tersebut hingga tampilan menu menjadi normal.



5. Tampilan normal menu bisa dilihat pada gambar dibawah ini. Klik tombol di dalam menu untuk mengaktifkan ekstensi.



6. Setelah diaktifkan, warna icon berubah menjadi hijau. Tampilan menunya juga akan sedikit berubah seperti yang bisa dilihat pada gambar berikut ini.



7. Buka situs yang biasanya tidak bisa dibuka karena diblokir, misalnya reddit.com.

Jika masih belum bisa membuka situs yang diblokir, rubahlah lokasi IP dan kemudian coba buka lagi situs tersebut. Caranya, buka menu Hotspot Shield, lalu klik pada link lokasi. Selanjutnya akan muncul beberapa lokasi yang dilambangkan dengan bendera negara. Klik lokasi yang diinginkan.




Cara Menggunakan Hotspot Shield di PC/Laptop Sebagai Aplikasi


1. Download aplikasinya dari sini atau dari sini.

2. Install Hotspot Shield. Klik-ganda pada file installer yang baru saja didownload untuk memulai instalasi.


3. Proses instalasi hotspot shield sangat simpel. Tekan tombol install hotspot shield dan prosesnya pun akan langsung berjalan. Pengguna hanya perlu menunggu sampai instalasi tersebut selesai.



4. Setelah instalasi selesai, klik tombol Finish yang terletak di pojok kanan bawah untuk menutup jendela instalasi.


5. Pada tahap ini jendela promo trial akan muncul seperti yang bisa dilihat pada gambar di bawah. Klik tanda panah di pojok kiri atas.


6. Selanjutnya jendela utama Hotspot Shield akan tampil. Tutup jendela tersebut.

7. Setelah jendela utama ditutup, Hotspot Shield akan berdiam di area notifikasi pada taskbar. Untuk menonaktifkan dan mengaktifkan Hotspot Shield, klik-kanan pada icon aplikasi tersebut, lalu pilih perintah yang sesuai (disconnect atau connect).


Demikianlah cara menggunakan Hotspot Shield baik sebagai ekstensi maupun aplikasi. Selain untuk membuka situs yang diblokir, sebagian pengguna ada yang memanfaatkan Hotspot Shield untuk menyembunyikan IP address.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar