Cara Membuka 2 Akun Gmail Sekaligus Dalam Satu Browser

Ada banyak pengguna yang memiliki beberapa akun untuk sebuah layanan online seperti Gmail, Facebook, Twitter, Yahoo, Dropbox dan lain-lain, termasuk saya tentunya. Yang bikin repot, saat sedang aktif menggunakan akun tertentu, terkadang kita mungkin merasa perlu untuk membuka akun lainnya.

Contohnya, saya memiliki akun Gmail khusus untuk keperluan registrasi online berbagai situs dan forum. Ketika saya mendaftar di Pixabay untuk bisa mengunduh gambar tanpa mengisi captcha, akun Gmail yang aktif adalah akun untuk blog ini.

Daripada logout atau switch account, saya memilih untuk membuka akun Gmail khusus tersebut tanpa menutup akun yang sedang aktif.

Caranya mudah sekali. Tidak perlu menggunakan ekstensi browser apapun.

Cukup dengan membuka jendela baru dalam mode private atau incognito, lalu login ke akun Gmail yang diinginkan seperti biasanya. Dengan demikian, ada dua akun yang terbuka secara bersamaan dalam satu browser.

Selain dengan mode incognito, cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan membuat shortcut di bilah bookmark browser sehingga kita bisa pindah antar akun gmail dalam sekali klik tanpa harus login berulang kali.

Cara lainnya yaitu dengan memanfaatkan multi account yang merupakan fitur bawaan Google. Kelebihannya dibandingkan cara incognito di atas adalah kita tidak perlu login setiap membuka Gmail.

Kalau punya akun Gmail, Facebook, Twitter atau sosmed lainnya yang masing-masing lebih dari satu akun, saya sarankan cobalah menggunakan ekstensi semacam Session Box. Setelah selesai setting, kita bisa membuka akun-akun tersebut tanpa perlu login lagi dan semuanya bisa diakses sekaligus dalam satu browser.

Oh ya, buat yang masih belum tahu, cara membuka jendela private atau incognito bisa dengan menggunakan shortcut:

Shortcut untuk browser Vivaldi ==> Ctrl + Shift + N
Shortcut untuk Mozilla Firefox ==> Ctrl + Shift + P
Shortcut untuk Google Chrome ==> Ctrl + Shift + N



Selain dengan shortcut, mode incognito atau Private juga bisa dibuka melalui menu masing-masing browser:

Untuk Vivaldi, klik tombol menu di pojok kiri atas, klik File, lalu klik New Private Windows (lihat screenshot di atas)
Untuk Firefox, klik tombol menu di kanan atas, kemudian klik New Private Window
Untuk Google Chrome, klik tombol menu di kanan atas, lalu klik New incognito window

Nah, itulah cara menjalankan 2 akun Gmail secara serentak dalam satu browser. Cara ini juga bisa dilakukan untuk akun apa saja selama akun tersebut dapat diakses melalui laptop/PC.



1 komentar:

  1. Kereeenn! I love this post. Menolong dan bermanfaat banget buat saya. Thank you for the good post!

    BalasHapus