Cara Sederhana Mengatasi Subtitle Film Yang Tidak Sinkron

Pernah menemukan subtitle yang tidak pas atau tidak sinkron dengan film? Tidak perlu repot-repot mengeditnya dengan subtitle editor semacam subtitle workshop. Kebanyakan aplikasi pemutar video yang populer biasanya sudah dilengkapi dengan fitur untuk mensikronkan subtitle.

Kelebihan dari metode ini terletak pada kemudahannya. Yang perlu kita lakukan hanyalah mengklik tombol shortcut tertentu pada keyboard untuk menyinkronkan subtitle.

Kelemahannya, kalau kamu mendapatkan subtitle yang sinkronisasinya benar-benar parah, kamu mungkin harus beberapa kali menyinkronkan ulang selama film diputar. Memang rasanya agak kurang nyaman karena mesti standby di depan keyboard, tapi setidaknya lebih baik daripada menonton film berbahasa asing tanpa subtitle.

GOM Player

Putar film dan tekan tombol titik (.) dan koma (,) pada keyboard untuk menyesuaikan timing subtitle. Tombol titik untuk mempercepat waktu delay subtitle dan dan tombol koma untuk memperlambat waktu delay subtitle.

KMPlayer

Selama film diputar, gunakan tombol [ untuk memperlambat dan tombol ] untuk mempercepat waktu delay subtitle.

VLC Player

Selama film diputar, gunakan tombol shortcut G untuk memperlambat waktu delay subtitle dan H untuk sebaliknya

PotPlayer

Selama film diputar, gunakan shortcut-shortcut berikut ini hingga subtitle sinkron dengan film:

  • Tombol > untuk mempercepat waktu delay subtitle 0.5 detik dan tombol < untuk sebaliknya.

  • Tombol Ctrl + > untuk mempercepat waktu delay subtitle 5 detik dan tombol Ctrl + < untuk sebaliknya.

  • Tombol Alt + > untuk mempercepat waktu delay subtitle 50 detik dan tombol Alt + > untuk sebaliknya.

Media Player Classic Home Cinema (MPC-HC)

Tekan tombol F1 untuk mempercepat subtitle dan F2 untuk memperlambat subtitle. Shortcut bisa dirubah sesuai keinginan melalui menu Options > Keys.

Cara-cara manual di atas biasanya sudah cukup untuk mengatasi masalah subtitle yang kecepatan atau lambat. Tidak mau terus-menerus duduk di depan monitor selama nonton film? Gampang, beli saja keyboard portabel biar nantinya bisa menyesuaikan subtitle sambil tidur-tiduran.

1 komentar: