Cara Memegang Mouse Atau HP Jadi Pelengkap Password Untuk Online Banking

Sebuah teknologi keamanan baru dikembangkan oleh BioCatch yang membuat sebuah perangkat mampu mengenali penggunanya berdasarkan dari caranya menggunakan perangkat tersebut.

Misalnya, seberapa kuat tekanan jari pada tombol, koordinasi mata dan tangan saat sedang mengetik, cara memegang perangkat, dan kondisi tangan saat sedang mengoperasikan perangkat tersebut.

Dengan teknologi pintar ini, kebiasaan atau prilaku pemilik perangkat direkam, lalu disusun menjadi sebuah user profile yang kemudian digunakan sebagai basis untuk mengamankan perangkat dari akses yang tidak terotorisasi.

BioCatch mengklaim bahwa prilaku unik seseorang bukanlah sesuatu yang bisa hilang ataupun ditiru, tidak seperti data biometrik seperti sidik jari yang bisa dipalsukan dengan lateks ataupun facial recognition yang bisa diakali dengan foto.

Cara kerja teknologi yang sudah dipatenkan ini mirip seperti sebuah sensor, sehingga sepertinya tidak akan menggantikan keberadaan password. Setelah anda berhasil login ke, misalnya, aplikasi banking untuk melakukan transaksi keuangan, teknologi Biocatch akan menganalisa bagaimana anda berinteraksi dengan aplikasi tersebut untuk memastikan bahwa anda adalah pengguna yang sah.

Sumber: Betanews, TNW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar