Cara Mengunci File/Folder dengan 7-Zip

Untuk mengunci file/folder, kita bisa menggunakan 7-zip. Selain dapat melindungi file/folder sensitif di dalam komputer, salah satu keunggulan 7-zip yang jarang dimiliki aplikasi pengunci file pada umumnya adalah kita dapat memproteksi file/folder yang hendak dikirimkan via email melalui menu klik-kanan.

Kemudahan lainnya, si penerima file pun tidak perlu menginstall 7-zip untuk bisa membukanya. File/folder yang dikunci dengan 7-zip dapat dibuka dengan aplikasi atau program kompres/ekstrak apapun juga asalkan file/folder tersebut dikompres dalam format ZIP.

Untuk memulai, bagi yang belum memiliki 7-zip, silahkan download aplikasinya dari sini atau kunjungi halaman downloadnya di sini. Gratis kok, tidak seperti Winrar yang harus dibeli jika ingin melakukan kompres file.

1. Klik-kanan pada file/folder yang ingin diproteksi.

2. Pilih 7-zip, lalu klik "Add to archive".



3. Pada bagian "Archive format", pilih zip.



4. Ketik password yang diinginkan pada kolom "Enter password" dan "Reenter password" (lihat gambar no.3 di atas).

5. Pada bagian "Encryption method", pilih AES-256, lalu klik OK (lihat gambar no.3 di atas).

Kelemahannya, metode penguncian ini tidak cocok untuk file berukuran besar karena yang kita lakukan disini pada dasarnya adalah kompresi file yang kemudian dikunci dengan password. Semakin besar file, semakin lama pula proses kompres dan ekstraknya. Selain itu, 7-zip juga tidak memiliki fitur untuk menyembunyikan file/folder.

Untuk aplikasi pengunci yang dapat menyembunyikan dan memproteksi file/folder dengan password, silahkan baca artikel berikut ini: Cara Mengunci Folder dan File Dengan Password di Windows

Tidak ada komentar:

Posting Komentar