Cara Membuat Foto Menjadi Bulat

Pernah melihat foto profil yang bentuknya bulat? Kalau kamu juga ingin foto seperti itu, kamu bisa membuat foto apapun menjadi bulat. Setidaknya ada dua aplikasi editor foto yang bisa digunakan untuk membuatnya, yaitu Photoscape dan Pixlr.

Dalam artikel ini, yang akan kita gunakan adalah Photoscape. Meskipun demikian, secara garis besar langkah-langkahnya bisa diterapkan pada Pixlr dan editor foto lain, yaitu memasukkan foto ke dalam aplikasi, memilih alat pemotong (cropping), memotong foto dan kemudian menyimpan hasilnya.

Buat yang belum memiliki Photoscape, silahkan download dan install aplikasi tersebut terlebih dulu.

Link download Photoscape: Photoscape 3.7 (20.4 MB)

Jika link di atas mati, download Photoscape dari Softpedia atau dari Dropbox

1. Jalankan Photoscape.

2. Pilih Editor.


3. Cari dan pilih folder dimana foto yang hendak dijadikan bulat disimpan.


4. Drag and drop foto ke dalam workspace.


5. Di bawah foto, ada sekumpulan tool untuk mengedit. Beberapa tool tersebut bisa langsung terlihat, sedangkan sejumlah tool lainnya tersembunyi di balik menu. Pilih menu "Crop" untuk menampilkan tool pemotong foto.


6. Klik "Crop Round Image" untuk memberi tanda centang.


7. Arahkan mouse ke foto, lalu lakukan drag and drop untuk memilih bagian foto yang hendak dibuat bulat, lalu klik tombol "Crop" untuk melihat hasilnya. Saat melakukan drag and drop, kamu juga bisa sambil menekan tombol Shift agar lingkarannya benar-benar bulat sempurna.


9. Jika sudah puas, klik tombol Save untuk menyimpan. Jika dirasa belum pas, klik tombol Undo atau tekan Ctrl + Z untuk mengulang proses pemotongan foto.


Kalau ukuran gambar yang dipotong masih terlalu besar, kamu bisa menggunakan fitur resize untuk memperkecil ukurannya terlebih dulu sebelum menyimpan. Fitur tersebut bisa ditemui di dalam menu/tab Home di bawah workspace/foto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar