Cara Menggunakan Dropbox Untuk Pemula

Ada 2 cara menggunakan Dropbox. Anda bisa menggunakannya tanpa atau dengan aplikasinya.

Jika anda memilih untuk menggunakan Dropbox langsung disitusnya tanpa menginstall aplikasi Dropbox, maka anda hanya memanfaatkan Dropbox sebatas tempat penyimpanan saja.

Kalau anda ingin menikmati fitur lainnya seperti sinkronisasi antar file, mau tidak mau anda harus mengunduh dan menginstall aplikasi Dropbox.

Sebelumnya, bagi yang ingin mengetahui apakah sebenarnya Dropbox itu dan apa saja yang bisa anda lakukan dengan Dropbox, silahkan baca Apa Itu Dropbox? Dropbox Adalah...

Cara Menggunakan Dropbox


Pendaftaran dan Instalasi Dropbox

1. Untuk menggunakan Dropbox, pertama-tama yang wajib dilakukan adalah membuat akun di Dropbox. Kunjungi dropbox.com/id untuk mendaftarkan diri anda. Isi formulir pendaftaran sesuai dengan keterangan di tiap kolom, lalu klik tombol "Daftar, gratis".



2. Setelah selesai mendaftar, sebuah halaman baru akan terbuka dan browser anda secara otomatis akan mencoba untuk mendownload aplikasi Dropbox. Saran saya, batalkan download tersebut. Sebagai gantinya, download installer yang versi offline. Jangan khawatir dengan keamanannya karena versi offline ini juga resmi disediakan oleh Dropbox.



3. Setelah download selesai, install Dropbox. Proses instalasi Dropbox ini lumayan memakan waktu, jadi harap bersabar.

4. Selanjutnya, akan muncul jendela login Dropbox. Isi email dan password sesuai dengan akun Dropbox yang baru saja anda buat lalu klik tombol "Sign In", dan kemudian tunggu hingga proses login selesai.



5. Klik tombol "Open my Dropbox".



6. Sebuah jendela ucapan selamat datang di Dropbox akan muncul. Klik tombol "Get Started".



7. Klik tombol Next.

8. Klik tombol Next.

9. Klik tombol Next.

10. Klik tombol Finish.



11. Pada tahap ini, jendela Dropbox akan menghilang, dan folder Dropbox di Windows Explorer akan terbuka. Selain itu, secara otomatis Dropbox akan mendownload sebuah file PDF berjudul "Memulai Dropbox" yang berisi panduan singkat mengenai cara menggunakan Dropbox.

Berikutnya, kita akan mempelajari bagaimana caranya menyimpan file di Dropbox.



Cara Menyimpan File di Dropbox

# Di Windows

Buka folder Dropbox, lalu taruh file didalamnya. Secara otomatis proses sinkronisasi akan berjalan--file tersebut diupload oleh aplikasi Dropbox yang aktif di area tray Windows. Tanda centang pada file menunjukkan bahwa file tersebut sudah diupload ke server Dropbox.



# Di Dropbox.com

Sebelum memulai, sebaiknya anda memverifikasi pendaftaran anda di Dropbox terlebih dulu.
  1. Caranya, masuk ke dropbox.com, lalu cari dan klik tombol "Verifikasikan email saya". Nantinya akan muncul pemberitahuan bahwa Dropbox telah mengirimkan email verifikasi ke alamat email anda.
  2. Buka email anda, cari dan buka pesan dari Dropbox, kemudian klik tombol "Verifikasikan email Anda".
  3. Anda akan dibawa kembali ke halaman Dropbox, namun kali ini ada pemberitahuan bahwa alamat email anda sudah diverifikasi. Klik tombol "Selesai".

Setelah verifikasi, anda bisa memulai upload file ke Dropbox.com. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Klik icon "Unggahan" di bagian atas.



2. Klik tombol "Pilih file".



3. Sebuah jendela akan terbuka dimana anda bisa memilih file yang ingin diupload ke Dropbox. Setelah selesai memilih file, klik tombol "Open" untuk memulai upload.



4. Setelah semua file diupload, klik tombol "Selesai" untuk menutup jendela Unggah ke Dropbox.



Berhubung artikel cara menggunakan dropbox ini sudah terlalu panjang, pembahasan berikutnya mengenai bagaimana cara berbagi file terpaksa akan saya ulas di artikel terpisah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar