Apa Itu Dropbox? Dropbox Adalah...

Dropbox adalah tempat penyimpanan online untuk semua jenis file yang anda miliki. Anda bisa menyimpan foto, makalah, skripsi, pdf, dokumen kantor, video dan lain-lain di Dropbox. File-file yang disimpan di Dropbox diproteksi dengan kuat sehingga hanya anda sendiri yang dapat mengaksesnya. Di sisi lain, anda juga bisa memilih file mana saja yang ingin anda bagikan ke orang lain.

Kapasitas penyimpanan gratis yang ditawarkan Dropbox adalah sebesar 2 GB. Kapasitas ini termasuk kecil bila dibandingkan dengan layanan sejenis lainnya, namun demikian anda diberi kesempatan untuk menambah kapasitas secara gratis dengan mengikuti beberapa persyaratan.

Seperti tempat penyimpanan online pada umumnya, Dropbox juga memungkinkan anda untuk mengakses file dimanapun anda berada melalui berbagai perangkat seperti smartphone, tablet, laptop dan PC selama anda terkoneksi dengan internet.

Dropbox juga bisa difungsikan sebagai tempat backup file-file yang sangat penting. Jadi, selain menyimpan file-file tersebut di komputer, anda juga menyimpannya di Dropbox untuk berjaga-jaga seandainya sesuatu yang buruk terjadi, misalnya laptop anda dicuri atau file terhapus karena virus tertentu.



Selain sebagai tempat menyimpan file, fungsi lain dari Dropbox adalah untuk berbagi file. Setiap file yang sudah tersimpan di Dropbox siap untuk dishare kapanpun anda memerlukannya tanpa harus mengupload ulang file tersebut di lokasi lain.

Sebagai contoh, anda ingin mengirimkan file yang tersimpan di Dropbox kepada orang lain melalui Gmail. Nah, anda tidak perlu lagi mengupload file tersebut ke Gmail untuk mengirimnya, melainkan cukup dengan menyertakan link downloadnya di dalam email. Kemudahan ini sangat berguna sekali terutama ketika anda berencana untuk mengirimkan sebuah file secara berulang-ulang.

Dengan fitur berbagi ini pula, anda bisa membagikan file ke semua orang atau hanya pihak-pihak tertentu saja.

Fitur lain Dropbox yang tidak kalah pentingnya adalah sinkronisasi file. Dengan adanya sinkronisasi, file yang disimpan di sebuah akun Dropbox akan selalu sama persis seperti yang tersimpan di dalam semua perangkat yang terkoneksi dengan akun tersebut.

Misalnya anda memiliki sebuah file bernama Oden yang tersimpan baik di PC, laptop maupun di Dropbox. Lalu anda membuat perubahan pada file tersebut di PC, maka perubahan itu juga akan tersimpan di file Oden yang ada di Dropbox secara otomatis. Setelah perubahan itu tersimpan di Dropbox, maka file Oden yang ada di laptop juga akan turut berubah.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Dropbox untuk anda yang mungkin baru saja akan memulai untuk menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar