Cara Mengatur Volume Video YouTube dengan Roda Mouse

Advertisement

Kebanyakan orang memperbesar dan memperkecil volume video YouTube dengan menggerakkan tombol geser (slider) volume ke kanan dan kiri. Masih banyak yang belum tahu kalau sebenarnya volume di YouTube bisa diatur dengan menggunakan roda mouse (mouse wheel/scroll wheel).

Berikut ini saya akan tunjukkan bagaimana cara melakukannya di browser Firefox dan Google Chrome.

Untuk pengguna Google Chrome, berbahagialah, karena kamu tidak perlu menginstal ekstensi apapun untuk mengatur volume YouTube dengan scrolling.

Caranya yaitu cukup dengan mengarahkan kursor mouse ke tombol geser volume pada video lalu gerakkan roda mouse ke atas untuk memperbesar suara dan ke bawah untuk memperkecil suara.



Buat yang memakai Firefox sebagai browser utama untuk keperluan browsing sehari-hari, kamu harus menginstal add-on. Nama add-on tersebut adalah YouTube Plus.

Jangan kecewa dulu, karena add-on yang satu ini punya tambahan fitur yang sangat berguna. Antara lain, kamu bisa memblokir channel di YouTube dengan sekalil klik, menghentikan auto play, tampilan grid untuk hasil search, dan masih banyak lagi.

Selain itu, dengan add-on tersebut, kamu bisa scrolling di area manapun pada video untuk menyesuaikan volume, tidak seperti Google Chrome yang wajib diarahkan pada tombol geser volume.

Instal YouTube Plus dari sini.



Berikutnya, buka situs YouTube. Lalu klik tombol segitiga abu-abu di kanan atas untuk membuka halaman pengaturan add-on tersebut.

Klik Video, kemudian klik opsi "Change volume with mouse wheel". Jangan lupa untuk menyimpan setting terbaru dengan mengklik tombol Save.

Catatan: Artikel ini dibuat saat YouTube Plus menginjak versi 1.0.3 dan sudah diuji coba di Firefox 43.0.4.

Itulah cara mengatur volume YouTube dengan roda mouse. Ikuti terus update Kafesia untuk mendapatkan tips-tips lainnya. Selamat menonton YouTube!




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar untuk Cara Mengatur Volume Video YouTube dengan Roda Mouse

"Harap tidak memuat live link dalam komentar"