Cara Mengatur Volume Video YouTube dengan Roda Mouse dan Keyboard Shortcut

Kebanyakan orang memperbesar dan memperkecil volume video YouTube dengan menggerakkan tombol geser (slider) volume ke kanan dan kiri. Masih banyak yang belum tahu kalau sebenarnya volume di YouTube bisa diatur dengan menggunakan roda mouse (mouse wheel/scroll wheel).

Berikut ini saya akan tunjukkan bagaimana cara melakukannya di browser Firefox dan Google Chrome.

Ada 2 cara.

Tanpa ekstensi atau dengan ekstensi.

TANPA EKSTENSI

Dengan roda mouse: Caranya yaitu cukup dengan mengarahkan kursor mouse ke tombol geser volume pada video lalu gerakkan roda mouse ke atas untuk memperbesar suara dan ke bawah untuk memperkecil suara.

Dengan keyboard shortcut: Klik pada layar video Youtube, lalu tekan tanda panah "atas" dan "bawah" pada keyboard untuk menaikkan dan menurunkan volume.




DENGAN EKSTENSI

Install ekstensi Enhancer for Youtube untuk Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Apabila ada tab yang muncul setelah ekstensi diinstall, abaikan dan tutup saja tab tersebut.

Buka video, arahkan panah mouse ke video, lalu putar roda mouse ke atas dan bawah untuk mengatur volume. Ketika saya coba, ada indikator visualnya berupa angka kecil pada layar video yang menunjukkan perubahan volume.
Catatan: Artikel ini di-update pada Juli 2018 untuk Google Chrome 68 dan Mozilla Firefox 61.0.1, sedangkan Enhancer for YouTube menginjak versi 2.0.72.

Itulah cara mengatur volume YouTube dengan roda mouse. Ikuti terus Kafesia untuk mendapatkan update tips-tips lainnya. Selamat menonton YouTube!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar