Cara Blokir Channel Video YouTube di PC / Laptop

Cukup banyak video di Youtube yang menyertakan judul dan gambar thumbnail yang tidak sesuai dengan isinya. Kalau hanya sekali dua kali dari channel yang sama mungkin masih bisa dianggap tidak sengaja atau kurang tepat dalam menentukan judul, tapi kalau sudah berkali-kali ada kemungkinan besar channel tersebut memang sengaja menerapkan clickbait.

Agar channel-channel video tersebut tidak lagi muncul, ikuti langkah-langkah berikut.

Block Youtube Users & Violentmonkey

Metode pemblokiran ini menggunakan skrip "Block Youtube Users" yang difasilitasi oleh ekstensi pemasang skrip di Firefox dan Google Chrome.

Disini saya menggunakan Violentmonkey sebagai pemasang skrip di Google Chrome.

Buat yang sudah fasih dalam menginstall ekstensi, skip sampai langkah ke-4.

INSTALASI

1. Jalankan Google Grome, buka halaman Violentmonkey, lalu install seperti biasanya.

2. Buka halaman Block YouTube Users di sini, lalu klik Install this script.

3. Di halaman selanjutnya klik tombol Confirm installation yang letaknya di pojok kanan atas. Tunggu sampai teks dibawahnya berganti menjadi "Script installed".

instalasi

PEMBLOKIRAN

4. Buka Youtube.

5. Klik icon B di kanan atas halaman Youtube. Lalu, centangi opsi "right click to add" (lihat screenshot kedua di bawah).

6. Ada 2 cara memblokir:

- Setelah opsi di atas diaktifkan, kamu bisa klik-kanan pada tanda silang (x) yang muncul di samping nama user. Ingat ya, klik-kanan.

lokasi tanda silang

- Cara lain, dengan mengetik nama channel yang ingin diblokir di dalam kolom blacklist (setiap nama channel dipisah dengan tanda koma), lalu klik Save.

daftar blokir

Setelah diblokir, channel akan hilang dari halaman pencarian, related videos, rekomendasi, halaman depan. Tapi, channel tetap akan muncul kalau kita mengetikkan nama channelnya di kolom pencarian.


MEMBATALKAN PEMBLOKIRAN

Hapus nama user dari kolom blacklist, lalu klilk save.


MENONAKTIFKAN SEMENTARA

Klik opsi suspend. Untuk mengaktifkan kembali, klik opsi save.


Pengembangnya mengklaim skrip tersebut bisa digunakan untuk tampilan Youtube yang baru dan lama. Disini saya menggunakannya untuk tampilan yang baru.

Skrip Block Youtube Users (versi 2.4.3) berjalan dengan baik ketika dicoba di Google Chrome 68 (versi terbaru saat artikel ini ditulis).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar