Mengatur Terang-Redup Layar Monitor PC/Laptop dengan Roda Mouse

Buat yang terlalu sering mengubah tingkat kecerahan layar jadi lebih terang atau redup, cobain alternatif yang satu ini. Kecil ukurannya, ringan, tidak perlu diinstall. Setelah dijalankan dia bakalan berdiam di area tray pada taskbar. Selama dia ada di situ, untuk mengatur terang redup layar kita hanya perlu mengarahkan kursor mouse ke tray lalu menggeser roda mouse ke atas atau bawah.

Namanya ClickMonitorDDC. Khusus buat Windows 7, 8 dan 10. Sewaktu saya coba bisa dijalankan dengan baik di Windows 10 versi 1709.

layar monitor komputer

Cara menggunakannya kurang lebih seperti berikut.

Ekstrak isinya dari zip, lalu klik-ganda pada ClickMonitorDDC_6_7.exe untuk menjalankannya

Ketika dijalankan aplikasi tersebut memunculkan dua jendela yang muncul berurutan. Tutup saja keduanya.

Setelah itu 4 indikator yang berupa angka dalam warna berbeda akan muncul di tray. Kalau tidak terlihat coba klik tanda panah di area tersebut untuk menampilkan isinya.

ubah cahaya monitor

Supaya angka-angkanya selalu muncul di area tray sehingga mudah diakses, seret saja masing-masing angka keluar dari menu pop-up tray.

Untuk meredupkan dan menerangkan layar, arahkan kursor mouse ke angka yang berwarna merah muda, lalu gerakkan mouse ke bawah atau atas. Tingkat kecerahan layar (brightness) akan langsung berubah saat itu juga.

Jika ingin lebih redup/terang, jangan lupa ubah juga tingkat kontras layar yang diwakili oleh angka berwarna hijau.

Level saturasi monitor juga bisa dinaikkan atau diturunkan.

Sebagai bonus, volume speaker juga bisa diatur dengan scrolling pada angka yang berwarna ungu.

Warna-warna indikator tersebut bisa dirubah sesuai selera melalui halaman Settings aplikasi, tapi tidak perlu capek-capek mengingat setiap warna. Saat kursor diarahkan pada angka, muncul tooltip yang memberitahukan nama fitur yang direpresentasikan oleh angka tersebut.

ClickMonitorDDC juga bisa disetting agar berjalan otomatis saat komputer dihidupkan. Caranya klik-kanan pada salah satu angka, klik Settings, lalu centangi opsi LonOnAutoRun pada menu general settings. Jangan lupa klik OK.

Selain itu pengaturan layar juga bisa diterapkan pada semua monitor yang ada secara serempak dengan mengaktifkan pilihan "Same values for all monitors".

Aplikasi yang saat ini sudah mencapai versi 6.7 tersebut juga ramah memori. Selama berjalan hanya membutuhkan sekitar 3 MB.

Buat yang berminat mencoba, download versi portabelnya di halaman web pembuatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar