Cara Mematikan Autoplay YouTube Agar Video Tidak Diputar Otomatis

Autoplay yang dimaksud disini ada dua: autoplay untuk player dan untuk playlist "berikutnya". Disini kita akan membahas cara untuk mematikan kedua fitur tersebut di YouTube untuk PC dan laptop.



Autoplay untuk player: Fitur ini langsung memutar video YouTube ketika dibuka.

Autoplay untuk video selanjutnya: Setelah video selesai ditonton, fitur ini akan memutar video selanjutnya secara otomatis (video yang terletak paling atas pada sidebar kanan).

Catatan: Semua cara di bawah ini sudah dicoba di Google Chrome versi 71 dan Firefox 66.0.3

Untuk YouTube di Google Chrome


Dengan Ekstensi Disable HTML5 Autoplay (Reloaded)

Install ekstensi Disable HTML5 Autoplay (Reloaded), lalu buka YouTube seperti biasanya setelah selesai install.



Setelah dipasang, ekstensi tersebut akan mematikan autoplay dan preloading video. Video yang dibuka akan berada dalam kondisi "paused" secara otomatis dan hanya akan menampilkan thumbnail beserta tombol play.




Melalui Chrome Flags

UPDATE: Sepertinya cara ini sudah tidak perlu lagi karena secara default video Youtube yang dibuka di latar belakang (background tab) tidak akan diputar selama belum dibuka.

- Cara ini hanya akan mematikan autoplay, sedangkan preloading tetap akan berjalan.
- Video hanya akan diputar setelah tab yang memuatnya dibuka/mendapatkan fokus.



1. Copy paste chrome://flags/#autoplay-policy ke dalam address bar, lalu tekan Enter.

2. Lihat pada bagian Autoplay policy yang ditandai warna kuning, klik menu disampingnya, klik pada "Document user activation is required".

3. Klik tombol "RELAUNCH NOW" di bagian paling bawah.

4. Selanjutnya Google Chrome akan restart.

5. Kunjungi Youtube, klik-kanan pada video lalu pilih "buka link di tab baru". Lakukan hal yang sama pada video-video lainnya. Video di setiap tab hanya akan diputar setelah kita mengklik tab yang dimaksud.




Mencegah AutoPlay YouTube di Firefox


Dengan fitur bawaan

1. Ketik about:config di address bar, tekan Enter.
2. Ketik media.autoplay.default di kolom Search.
3. Klik-ganda pada media.autoplay.default yang muncul.
4. Rubah nilainya menjadi 0 (nol).

Selesai. Firefox tidak perlu direstart. Perubahan pengaturan akan langsung aktif saat itu juga.

Catatan: Sekalipun autoplay bisa dihentikan dengan cara ini, buffering/preloading tetap akan berjalan selama beberapa saat.


Dengan addon

Pasang ekstensi YouTube no Buffer (no autoplay) dari sini. Setelah itu coba buka video baru di YouTube untuk melihat hasilnya.

Ekstensi ini tidak sempurna karena dari hasil percobaan ada beberapa video yang awalnya tetap loading sebelum autoplay dan autobuffer berhenti total. Meskipun demikian, penghentian preloading-nya lebih cepat daripada cara di atas yang menggunakan fitur bawaan di about:config.


Mematikan Autoplay untuk Video Berikutnya




Setelah video selesai diputar, selang beberapa saat kemudian video selanjutnya akan diputar secara otomatis. Untuk menghentikannya, klik pada tombol Autoplay di atas sidebar kanan.



Catatan: Tombol tersebut tidak akan mematikan autoplay secara permanen. Youtube akan mengaktifkannya kembali di saat-saat tertentu secara acak sekalipun cookie tidak dihapus.

Untuk menghentikannya secara permanen, coba cari ekstensi Google Chrome atau userscript dari Tampermonkey.net atau Greasyfork. Salah satunya yang sedang saya coba adalah ekstensi "Stop Youtube Autoplay" buatan Joseph Feld yang bisa diinstall dari sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar