Cara Mengatasi IDM Obsolete Integration di Google Chrome

IDM obsolete integration adalah salah satu problem IDM yang sering terjadi. Pesan peringatan "obsolete" itu biasanya muncul ketika pengguna IDM sedang download file. Selain memberi peringatan, didalamnya juga tertera petunjuk untuk mengatasi masalah obsolete tersebut.

Coba simak baik-baik isi peringatannya: You have an obsolete Google Chrome browser integration, or Google Chrome integration is not installed. Would you like to read how to fix it?

Pesan tersebut memberitahu adanya masalah pada integrasi IDM dengan browser, oleh karena itu yang seharusnya dilakukan pertama kali adalah memastikan ekstensi IDM sudah terpasang dan diaktifkan di dalam browser. Jangan tergesa-gesa update dulu.

Buat yang sudah terbiasa bongkar pasang ekstensi, cek langsung IDM di jendela ekstensi Google Chrome. Aktifkan ekstensinya kalau sudah ada, atau pasang ekstensi IDM dari sini kalau tidak ada.

Buat yang membutuhkan langkah-langkah detail, ikuti petunjuk berikut ini.


2 langkah menghilangkan pesan obsolete integration:

1. Buka jendela ekstensi melalui menu Chrome di pojok kanan atas, lalu pilih Fitur lainnya, dan klik Ekstensi.

Tips: Jendela ekstensi juga bisa dibuka dengan copy paste URL berikut ini ke address bar dan menekan Enter sesudahnya: chrome://extensions

buka ekstensi chrome

2. Cari ekstensi IDM Integration Module dan aktifkan ekstensi tersebut. Kalau tidak ada, pasang dari toko Chrome (ikuti cara memasangnya di bawah).

ekstensi idm aktif

Jika ekstensi IDM sudah ada dan aktif tapi pesan obsolete masih muncul, hapus ekstensi tersebut, lalu pasang yang baru dari toko Chrome.


Cara pasang ekstensi IDM:

1. Kunjungi halaman ekstensi IDM di toko Chrome.

2. Klik tombol Tambahkan ke Chrome.

pasang idm di chrome

3. Klik "Tambahkan ekstensi"

tambahkan ekstensi idm ke chrome

4. Tunggu sampai pemasangan ekstensi selesai yang ditandai dengan munculnya icon ekstensi IDM di toolbar (bilah alat) Chrome.

idm terpasang di chrome

Sekarang coba kamu download lagi. Seharusnya pesan "obsolete" sudah tidak muncul lagi.

Kebetulan saya memakai IDM yang agak lawas, yaitu versi 6.31 build 8 (saat ini versi terbarunya 6.32 build 5), tapi cara di atas tetap dapat bekerja dengan baik. Jadi sebelum kamu memutuskan untuk update IDM untuk mengatasi masalah integrasi IDM obsolete, coba dulu cara di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar