Cara Memberi Warna Lain Pada Folder-Folder Penting di Windows

Dengan memberi warna yang berbeda, folder yang penting bisa ditemukan lebih mudah. Contohnya saya punya folder yang bernama Screenshot, meskipun saya tahu lokasinya, folder tersebut tidak langsung terlihat ketika saya membuka lokasi penyimpanannya karena tercampur dengan berbagai folder lainnya yang bentuk dan warnanya sama semuanya. Dengan memberi warna tersendiri untuk folder yang sering dibuka, tampilannya jadi sangat mencolok sehingga bisa langsung ditemukan.

Ada setidaknya 4 aplikasi gratis yang bisa mewarnai folder, tapi disini kita hanya akan membahas satu saja. Namanya Folder Painter.

Folder Painter tidak perlu diinstall. Setelah diekstrak, aplikasi tersebut bisa langsung dijalankan.



Langkah-Langkah Merubah Warna Folder


1. Download Folder Painter dari sini atau dari sini.

2. Ekstrak isinya, lalu klik-ganda pada FolderPainter.

3. Klik pada Add to Menu.



4. Buka File Explorer, lalu klik-kanan pada folder.

5. Pilih menu Change Folder Icon, lalu klik salah satu warna.



Selesai. Warna folder pun akan langsung berganti saat itu juga.

Untuk mengembalikan warna folder seperti semula, klik-kanan lagi lalu pilih menu yang sama, tapi kali ini kamu harus klik pilihan Default Folder Icon.

Warna folder juga bisa dibuat permanen, tapi khusus untuk fitur ini belum saya coba sendiri. Setelah dibuat permanen, warna folder tetap tidak akan berubah sekalipun foldernya disalin ke, misalnya, flash drive.

Cara membuat warnanya menjadi permanen yaitu dengan mencentangi pilihan "Copy icon while in folder", klik tombol Add to Menu, lalu rubah warna folder yang ingin diganti.

Secara default menu untuk mewarnai folder akan selalu tampil ketika kita mengklik-kanan folder. Kalau menu konteks kamu sudah lumayan penuh, saran saya sih sebaiknya tampilkan menu tersebut hanya pada saat dibutuhkan.

Caranya yaitu dengan mencentangi pilihan "Use Shift Key to Display Context Menu", lalu klik tombol Add to Menu.

Setelah pilihan itu diaktifkan, kedepannya menu hanya akan tampil kalau kamu menekan tombol Shift pada keyboard di saat mengklik-kanan folder.

Satu lagi fitur lainnya yang cukup menarik. Nama menunya bisa dirubah. Buka jendela aplikasinya, lalu ketik nama apa saja di dalam kolom Context Menu Name. Misalnya namanya menjadi "Ganti Warna Folder" atau "Ganti Baju". Setelah itu klik tombol Add to Menu untuk mengaktifkan perubahannya.

Kalau kamu sudah bosan atau menemukan pewarna folder lain yang lebih cakep dan ingin menghapus menunya, caranya cukup dengan mengklik Uninstall pada jendela Folder Painter.

Gimana, simpel kan?

Itulah sebabnya kenapa saya menyukai aplikasi-aplikasi buatan Sordum. Semua programnya serba simpel, ukuran filenya ringan, dan rata-rata tidak perlu diinstall.

Menurut developernya, Folder Painter mendukung Windows 10, Windows 8.1, Windows 8 dan Windows 7. Untuk review di artikel ini sudah saya coba langsung di Windows 10 versi 1709. Mau mengganti warna satu folder atau beberapa folder sekaligus, aplikasi ini bisa melakukannya tanpa masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar