Apa itu Restart? Bagaimana Cara Melakukan Restart?

Pada umumnya yang dimaksud dengan Restart adalah menjalankan ulang sebuah program yang sedang aktif.

Misalnya, kalau ada yang mengatakan "restart Google Chrome" itu artinya Google Chrome yang sedang terbuka perlu dijalankan ulang.

Cara paling mendasar untuk melakukan restart adalah dengan menutup aplikasi terkait lalu membukanya kembali setelah jeda beberapa saat.

Cara lainnya yaitu dengan menggunakan fitur restart yang disediakan oleh aplikasi terkait.

Sebagai contoh, untuk melakukan restart di Google Chrome dengan memanfaatkan fitur yang sudah ada, caranya yaitu dengan mengetik chrome://restart di address bar.

Baca: Cara Restart Google Chrome dalam Sekali Klik

Kenapa perlu direstart?

Biasanya restart diperlukan ketika aplikasi terasa berat setelah lama digunakan.

Restart juga wajib dilakukan ketika ada perubahan tertentu dalam sebuah aplikasi, misalnya pengaktifan fitur khusus yang baru bisa berfungsi setelah aplikasi di-restart.

Biasanya restart juga harus dilakukan setelah sebuah aplikasi di-update ke versi terbaru agar update tersebut bisa terintegrasi dengan sempurna.


Bagaimana dengan restart hp?

Untuk hp dan perangkat komputer lainnya, banyak yang mencampur-adukkan istilah reboot dengan restart. Sebenarnya keduanya agak berbeda tapi kalau tidak mau repot-repot ikuti saja kebiasaan yang sudah berlaku umum.

Yang dimaksud dengan restart hp itu pada dasarnya adalah mematikan hp dan kemudian menghidupkannya kembali.

Di hp Android biasanya restart dilakukan dengan menekan tombol power selama beberapa saat sampai muncul menu yang kurang lebih seperti gambar di bawah ini:


Pada gambar di atas, ketuk pada opsi Reboot untuk merestart ponsel.


Bagaimana dengan restart laptop atau PC?

Restart laptop/PC biasanya dilakukan dengan mengklik tombol menu Start yang dilambangkan dengan icon Windows yang letaknya di pojok kiri bawah, yang disusul dengan mengklik tombol Power dan kemudian mengklik pilihan Restart. Setelah itu proses restart akan berlangsung hingga komputer kembali siap digunakan seperti sebelumnya.

Demikianlah yang dimaksud dengan restart. Semoga tidak lagi bingung dengan istilah restart.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar