Cara Agar Info Versi Windows Selalu Tampil di Desktop



Setelah trik sederhana ini dijalankan, info versi Windows akan selalu tampil di pojok kanan bawah desktop, tepatnya yaitu di atas area notifikasi pada taskbar. Trik ini berlaku untuk Windows 10, 8, Vista, 7 dan Windows XP dengan memanfaatkan fitur yang sudah tertanam di dalam registry Windows.

Sebagai langkah awal, buka Registry terlebih dahulu. Caranya, klik Start menu. Setelah menu muncul, langsung ketik regedit, kemudian tekan Enter pada keyboard atau klik pada icon regedit.

Untuk Windows XP, saya lupa apakah user bisa mencari langsung di Start menu. Kalau tidak bisa, gunakan kotak Run dengan cara menekan tombol Windows dan Run bersamaan. Setelah kotak Run muncul, ketik regedit lalu tekan Enter pada keyboard.



Setelah jendela Registry terbuka, pada panel sebelah kiri, buka key Desktop dengan rute sebagai berikut:

HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop

Setelah key Desktop terbuka, cari dan klik ganda PaintDesktopVersion pada panel sebelah kanan.



Sebuah kotak dialog akan muncul. Rubah 0 menjadi 1 pada kolom Value data, lalu tekan Enter atau klik tombol OK.



Selesai.

Di Windows Pro 1709, info versi Windows langsung tampil di layar desktop tanpa restart setelah menjalankan trik di atas. Kalau tidak muncul, restart komputer.

Untuk menghilangkan info versi Windows dari desktop, buka key Desktop melalui alur seperti di atas di Registry, lalu ubah nilai PaintDesktopVersion kembali menjadi 0.

Selain cara di atas, info versi Windows juga bisa ditampilkan hanya ketika dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar