Cara Membuat Video dari Foto dengan Musik di PC/Laptop

Video yang dibuat dari kumpulan foto dengan tambahan musik biasanya cenderung digunakan untuk keperluan pribadi seperti membuat album foto kenangan baik untuk dinikmati sendiri atau untuk diberikan kepada seseorang. Dengan mengubah kumpulan foto menjadi video slideshow, kita tidak lagi perlu capek-capek mengklik foto satu per satu untuk melihatnya. Cukup diputar di media player dan kita tinggal duduk menikmati seluruh foto dalam sebuah video yang diiringi lantunan musik.

Ada sejumlah aplikasi yang bisa dipakai untuk membuat video slideshow di PC/laptop. Salah satunya yang patut dicoba adalah Free Bolide Slideshow Creator.

Cara Menggabungkan Foto dan Musik dalam Sebuah Video


Catatan: Edisi gratisan Freemake Video Converter sudah tidak seramah dulu lagi karena versi barunya penuh dengan limit yang membuatnya tidak nyaman untuk digunakan. Sebagai gantinya Free Bolide Slideshow Creator cukup memadai untuk membuat video slideshow yang diiringi musik.

Tampilan Free Bolide Slideshow Creator


No. 1 : Lokasi file foto, audio, dan efek slideshow
No. 2 : Preview
No. 3 : Lokasi foto yang sudah dimasukkan ke dalam slideshow
No. 4 : Baris menu



Download

Download Free Bolide Slideshow Creator dari sini (download langsung). Kalau link downloadnya mati, cari link download-nya di halaman web developernya: http://slideshow-creator.com/

Install dan jalankan

Install Free Bolide Slideshow Creator, lalu jalankan aplikasi tersebut setelah instalasi selesai.

Masukkan foto

Foto bisa dimasukkan ke dalam aplikasi dengan cara menekan tombol folder atau drag-and-drop.



Tambahkan foto ke dalam slideshow

Tambahkan semua foto ke dalam slideshow dengan menekan tombol bintang. Foto juga bisa ditambahkan satu-persatu dengan klik-ganda pada foto yang bersangkutan.



Masukkan musik

Untuk menambahkan musik sebagai background, klik tab "Audio files", klik tombol folder, lalu cari dan masukkan musik tersebut ke dalam aplikasi.



Tambahkan musik ke dalam slideshow

Setelah file audio di masukkan ke dalam aplikasi, klik file tersebut, lalu klik tombol plus untuk menambahkannya ke dalam slideshow. Masa putar lagu tersebut nantinya akan disesuaikan secara otomatis berdasarkan jumlah foto yang ada di dalam slideshow.



Mengatur transisi slideshow

Keterangan:
1: Tab transisi
2: Kumpulan efek transisi yang belum diaplikasikan ke slideshow
3: Kumpulan foto yang sudah dimasukkan ke video slideshow



Klik tab "Transitions", pilih salah satu transisi, lalu aplikasikan efek transisi tersebut pada slideshow:
  • Untuk mengaplikasikan transisi ke semua foto sekaligus, klik tombol Plus
  • Untuk mengaplikasikan transisi ke satu foto, klik-kanan pada foto yang diinginkan lalu pilih "Toggle mark". Selanjutnya, klik tombol segitiga kecil disamping tombol plus, kemudian pilih "To marked".



  • Untuk mengaplikasikan transisi ke beberapa foto, tekan tombol Ctrl pada keyboard dan tahan. Sambil tetap menekan tombol keyboard, klik semua foto yang menjadi sasaran. Selanjutnya, klik tombol segitiga kecil disamping tombol plus, kemudian pilih "To marked".
  • Untuk mengaplikasikan efek transisi secara acak ke semua foto, klik tombol bintang

Catatan: Pilihan kedua dan ketiga di atas tidak berfungsi ketika di coba di Windows 10 Fall Creators Update

Preview dan Buat Video

Klik tombol Play pada jendela preview untuk meninjau videonya terlebih dulu. Kalau sudah puas dengan hasilnya, klik tombol Make video yang terletak di atas jendela kumpulan foto slideshow. Selanjutnya, pilih format dan kualitas video yang diinginkan. Saat ini Bolide Slideshow mendukung format video MP4, MKV, AVI, WMV, dan FLV.



Tunggu sampai proses konversi foto ke video selesai. Prosesnya relatif lama tapi setidaknya lebih cepat daripada Freemake Video Converter yang speed-nya sengaja dibatasi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar