Cara Membuka File PDF Tanpa Software Tambahan di Windows 10

PDF adalah salah satu format file yang umum digunakan untuk bertukar atau berbagi dokumen digital melalui internet. Salah satu contohnya adalah ebook. Banyak sekali ebook yang bisa diunduh gratis dalam format PDF. Nah, biasanya untuk membuka file PDF kita memerlukan aplikasi pembaca PDF, tapi di Windows 10 ternyata sudah ada aplikasi yang bisa digunakan untuk keperluan tersebut sehingga tidak perlu lagi menginstall software tambahan apapun juga.

Aplikasi di Windows 10 tersebut bukanlah aplikasi semacam Adobe PDF Reader atau Foxit PDF Reader, melainkan sebuah aplikasi yang mungkin sebagian pengguna tidak menyangka bahwa aplikasi tersebut bisa digunakan untuk membaca file PDF.

Aplikasi yang dimaksud tersebut adalah Microsoft Edge, browser terbaru yang jadi andalan Microsoft dalam upaya mereka untuk memenangkan kompetisi di pasar browser yang sangat ketat.

Lalu bagaimana cara membuka PDF dengan browser Microsoft Edge? Yuk simak caranya berikut ini.

1. Klik-kanan pada file PDF, pilih "Open with", lalu klik "Choose another app"

membuka pdf dengan edge

2. Cari Microsoft Edge. Setelah ketemu, klik 1x pada aplikasi tersebut.

pengaturan asosiasi pdf

3. Klik pada "Always use this app to open .pdf files" untuk memberi tanda centang, lalu klik OK.

4. Pada tahap ini file seharusnya file PDF sudah terbuka di Microsoft Edge.

Selanjutnya, untuk membuka file PDF lainnya kita tidak perlu lagi mengulang langkah-langkah di atas, melainkan cukup dengan mengklik 2x pada file PDF.

Tidak puas dengan Microsoft Edge? Coba gunakan Aplikasi Pembaca PDF Tercepat di PC/Laptop, siapa tau cocok :) Atau mungkin ingin pembaca PDF yang bisa menampilkan 2 PDF sekaligus secara berdampingan? Kalau iya, baca juga yang satu ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar