6 Software Terbaik Untuk Resize Foto di Laptop/PC

Ada banyak aplikasi yang bisa mengubah ukuran foto. Ada yang hanya bisa memproses foto satu-persatu, ada juga yang bisa memproses banyak foto sekaligus. Yang mana yang terbaik?

Berikut ini adalah 5 aplikasi yang sudah saya coba dan bandingkan dengan aplikasi-aplikasi serupa lainnya. Semuanya gratis dan mampu mengolah foto secara massal.

1. FreeSizer

Kelebihan: Tersedia versi portabel sehingga pengguna tidak perlu repot-repot menginstallnya. Tampilannya yang sederhana membuatnya mudah digunakan, apalagi didukung dengan adanya beberapa profil resizing yang dapat mempercepat proses. Dapat mengolah foto dalam jumlah banyak sekaligus, kualitas foto bisa diatur, dan perbandingan ukuran antara foto asli dan foto hasil pengolahan bisa langsung dilihat.

Kekurangan: Ukuran foto cuma bisa dirubah secara proporsional sehingga tidak cocok dipakai untuk pengguna yang ingin memiliki foto dengan ukuran absolut. Sebagai contoh, foto yang akan dijadikan 300 x 400 mungkin saja hasilnya ternyata 298 x 350.

Mendukung: Windows | Link: Halaman Download


2. FastStone Photo Resizer


Dari beberapa aplikasi resizer yang sudah saya coba, FastStone Photo Resizer menyediakan fitur yang paling lengkap untuk mengubah ukuran foto dalam jumlah yang banyak.

Foto bisa diresize berdasarkan pixel, persentase, ukuran cetak dan berdasarkan ukuran tinggi atau lebar gambar. Format gambar yang didukungnya pun lebih beragam, mulai dari JPG, PNG, BMP, PSD, ICO dan masih banyak lagi.

Seluruh foto juga dapat dikonversi ke format lain dengan kualitas yang fleksibel, diberi watermark, dihiasi dengan bingkai berefek shadow, dirotasi dan sebagainya.

Selain bisa ditemukan di dalam FastStone Image Viewer sebagai salah satu fiturnya, FastStone Photo Resizer juga bisa diunduh secara terpisah.

Mendukung: Windows | Link: Halaman Download


3. Plastiliq ImageResizer


Desain interfacenya minimalis dan manis. Bisa resize foto berdasarkan tinggi dan lebar, persentase, serta berdasarkan resolusi desktop. Selain resize, juga bisa convert format gambar antara JPG, PNG, TIF dan BMP. Buat yang ingin sekedar resize foto secara massal, mungkin kamu bakalan kesengsem sama aplikasi yang satu ini.

Mendukung: Windows | Link: Halaman Download


4. iWesoft Image Resizer


iWesoft Image Resizer menambahkan opsi resize di menu klik-kanan sehingga penggunanya bisa langsung memilih foto dari dalam File Explorer.

Selain pixel dan persen, foto juga dapat diresize dalam satuan inci atau cm. Uniknya, ada 4 mode resize yang tidak saya temukan di aplikasi-aplikasi serupa lainnya: Fit, Stretch, Center, Crop dan Content Aware Resize.

Mendukung: Windows | Link: Halaman Download


5. A Sharper Scaling


A Sharper Scaling dibuat khusus untuk memperbesar foto tanpa pecah. Aplikasi untuk Windows ini sudah saya ulas sebelumnya di sini. Rata-rata hasil pembesarannya cukup memuaskan, setidaknya lebih baik daripada aplikasi-aplikasi grafis pada umumnya. Bisa mengubah ukuran foto satu-persatu, bisa juga secara massal.

Mendukung: Windows | Link: Halaman Download


6. Image Resizer


Image Resizer menambahkan opsi resize pada menu klik-kanan. Untuk mengubah ukuran foto, kita hanya perlu mengklik-kanan pada foto dan memilih opsi "Resize pictures", kemudian memilih ukuran baru. Dari semua aplikasi yang disebutkan di dalam artikel ini, Image Resizer memiliki tampilan dan fitur yang paling sederhana. Untuk lebih jelasnya, baca juga Cara Mengubah Ukuran Foto (Resize) Online & Offline

Mendukung: Windows | Link: Halaman Download

3 komentar: