Agar Tab Tidak Hilang Saat Browser Dibuka Kembali

Browsing sebentar, membuka beberapa tab, lalu menutup browser. Ketika kemudian browser dibuka lagi, tab-tab tersebut biasanya hilang. Hal ini berlaku untuk beberapa browser seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Meskipun tab-tab tersebut bisa dibuka kembali dengan mengunjungi panel History, akan lebih mudah lagi kalau browser diatur agar tidak menutup tab secara otomatis, dengan tujuan agar tab tidak hilang ketika browser dibuka lagi.

Untuk membuka tab yang tidak sengaja tertutup saat browser masih sedang terbuka, cukup menggunakan Ctrl + Shift + T. Sedangkan untuk mencegah hilangnya tab ketika browser dibuka kembali supaya kita bisa melanjutkan sesi browsing yang sebelumnya, kita perlu mengatur browser untuk menyimpan sesi browsing secara otomatis.

Berikut ini adalah cara menyimpan sesi browsing yang terakhir untuk Google Chrome, Mozilla Firefox dan Microsoft Edge.


GOOGLE CHROME

1. Buka halaman Settings. Ada 2 cara: ketik chrome://settings/ di address bar atau klik menu Google Chrome yang berupa icon tiga-titik-vertikal di pojok kanan atas lalu klik Settings.

2. Pada bagian "On startup", klik opsi "Continue where you left off".



FIREFOX

1. Buka halaman Options. Ada 2 cara: ketik about:preferences di address bar atau klik menu Firefox yang berupa tiga-baris-bertumpuk di pojok kanan lalu klik Options.

2. Pada bagian "When Firefox starts", klik tombol drop-down disamping kanannya lalu pilih "Show my windows and tabs from last time".



MICROSOFT EDGE

1. Buka halaman Settings. Caranya, klik icon tiga-titik-horizontal di pojok kanan, lalu klik Settings.


2. Pada pilihan "Open Microsoft Edge with", klik tombol drop-down dibawahnya, lalu klik Previous pages


Mulai sekarang, tab-tab yang terbuka akan otomatis disimpan ketika browser ditutup. Begitu browser dibuka lagi, tab-tab tersebut akan ditampilkan kembali.

Artikel terkait Google Chrome & Firefox:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar