Cara Restart Firefox Dengan Satu Kali Klik

Advertisement

Ingin restart Firefox karena dirasa lemot sehingga butuh restart? Firefox tidak menyediakan tombol restart sehingga biasanya pengguna merestart Firefox dengan cara menutup browser dan kemudian menjalankannya kembali. Cara ini tidak salah tapi sangat tidak praktis.


Ada cara yang bisa dilakukan sehingga kita bisa restart Firefox hanya dengan sentuhan satu tombol atau dengan menekan kombinasi tombol keyboard tertentu.

Saya yakin sudah banyak yang tahu apa itu restart, tapi ada sebagian pengguna yang rupanya masih bingung dengan perbedaan antara restart, reset dan refresh pada browser. Yang dimaksud dengan restart Firefox adalah menjalankan ulang Firefox. Cara standar untuk melakukannya yaitu dengan mengklik tombol X yang terletak di pojok kanan atas untuk menutup Firefox, dan kemudian menjalankan kembali Firefox setelah jeda beberapa saat.

Kalau anda sering restart Firefox dan ingin melakukannya secara cepat, caranya yaitu dengan menggunakan add-on Firefox.

Cara Restart Firefox Dengan Tombol atau Shortcut Key


Caranya, install "Another Restart" dari sini

Setelah diinstall, icon ekstensi tersebut akan muncul di toolbar Firefox, yang apabila diklik akan merestart Firefox.



Selain dengan tombol icon, Firefox juga bisa direstart dengan shortcut key. Defaultnya adalah Ctrl+Alt+F untuk Windows, Cmd+Alt+F untuk Mac. Shortcut key tersebut bisa dirubah sesuai selera melalui Option ekstensi di jendela Add-Ons Manager.


Cara Restart Firefox Dalam Satu Kali Klik


Kalau ekstensi di atas bisa langsung dipakai setelah diinstall, untuk yang satu ini Firefox perlu direstart terlebih dulu.

Yang bikin ekstensi ini menarik, selain bisa restart Firefox dengan shortcut key, juga dilengkapi dengan tombol icon yang diletakkan di dalam kotak menu. Ada juga icon lainnya yang bisa diseret dari dalam jendela Customize untuk dipasang di toolbar.

Install Restart dari sini, kemudian restart Firefox dengan cara menutup jendela browser, menunggu beberapa detik lalu membukanya kembali.

Shorcut key defaultnya adalah Ctrl + Alt + R, bisa dirubah sesuai keinginan.

Untuk tombol iconnya, klik tombol menu Firefox dan anda akan melihatnya di bagian bawah di antara tombol Help dan Exit.


Untuk tombol icon lainnya, klik tombol menu Firefox dan klik Customize, lalu drag and drop icon ke toolbar jika memang ingin seperti itu.

Itulah cara restart Firefox yang lebih praktis daripada cara standarnya.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar untuk Cara Restart Firefox Dengan Satu Kali Klik

"Harap tidak memuat live link dalam komentar"